PENERAPAN METODE GALLERY WALK BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGERAHUAN ALAM (IPA)

Narwati Narwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kekatifan belajar siswa mata pelajaran IPA dengan metode gallery walk berhadiah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus, dengan setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan, Siklus 1 untuk tindakan dan Siklus 2 untuk perbaikan. Tahapan penelitian ini meliputi 4 tahapan antara lain perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas VII-E MTs Al Ma'arif Rakit yang berjumlah 33 siswa dan seluruhnya berjenis kelamin perempuan. Alat atau instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan angket. Ada dua jenis analisis data dalam penelitian ini, yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 36,37% dari 24,24% pada pra siklus menjadi 60,61% pada siklus 1. Kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 18,18% dari 60,61% pada siklus 1 menjadi 78,79% pada Siklus 2. Kualitas Pembelajaran dengan gallery walk berhadiah dapat mendorong siswa belajar secara aktif, sehingga siswa tampak kooperatif, aktif menjawab pertanyaan, aktif bertanya dan membangun rasa percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui gallery walk berhadiah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 36,37% dari 24,24% pada pra siklus menjadi 60,61% pada siklus 1. Pada siklus 2, keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 18,18% dari 60,61% pada siklus 1 menjadi 78,79% pada siklus 2.

Kata kunci: Gallery walk, keaktifan

Full Text:

PDF

References


Amin & Sumendap, Susan Yurike, Linda, 164 Model Pembelajaran, (Bekasi: Pusat penerbit LPPM Universaitas 45 Bekasi, 2022),23.

Anita Lie, Cooperative-Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, (Jakarta: Grasindo, 2002), 63.

Helmiati, Model Pembelajaran. (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016),28.

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, efektif, dan Meneyenangkan. (Semarang: RaSAIL Media Group, 2010), 89.

Kurniawati, D. D, “Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Peserta didik terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Peserta didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”, (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010), 24-26.

Laura, at.al. (2014). Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Indeks, 2014), 124.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 bagian ke 7 pasal 14 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Riandari, H, “Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-B Semester 4 pada Mapel Biologi melalui Guided Inquiry di SMP Negeri 26 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012”, (Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 2012), 269–274.

Ronoili, R., Imamora, M., & Lizelwati, N. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Pembentukan Sikap Dan Keaktifan Santri Pondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kab. Dharmasraya. [Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(2), 46. https://doi.org/10.31958/js.v11i2.1832], 269.

Rusman, Maftukhin, A., & Nurhidayati. (2012). Pemanfaatan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 22 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Vol 1 No. 1, (2012), 87–90. [https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/386]

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011),95-96.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenamedia Group.

Silberman, L. Melvin, Teaching For Diversitu And Social Justice. (New York: Routledge, 2010), 27-45.

____________,101 More Ways To Make Training Active . Canada: Wiley, Simultaneously in Canada, 2015), 124.

Siti Adoti, “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Metode “Gallery Walk” pada Siswa Kelas VII SMP Ma’arif II Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015,(http://eprints.umpo.ac.id/1221/),(Skripsi-UniversitasMuhamadiyah Ponorogo, 2015), XVII.

Yuni Mariani Manik, D. B,”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X”, [Journal: Equilibrium, Volume 7, Nomor 2, JULI 2019, 7], 125–136.

Yuyuk Umi Kulsum, “Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Pembelajaran Pendidikan Biologi Kelas X1 SMA 4 Luwu (http://repository.uncp.ac.id/781) (Skripsi-Universitas Cokroaminoto Palopo, 2020), v.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.