PERAN GURU BK GUNA MENINGKATKAN MORAL DAN ETIKA SISWA TERHADAP GURU SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID 19 DI MAN 1 MEDAN

Amanda Fanni Zhafira Nasution

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peranan guru BK guna meningkatkan moral dan etika siswa terhadap guru selama pembelajaran online pada masa pandemi Covid – 19. 2) Untuk mengetahui bagaimana moral dan etika siswa selama mengikuti pembelajaran online di MAN 1 Medan, 3) untuk mengetahui bagaimana cara guru bimbingan dan konseling guna meningkatkan moral dan etika siswa.

Penelitian ini digunakan dengan metode penelitian kualitatif yaitu dengan meneliti peranan guru BK (Bimbingan Konseling) guna meningkatkan moral dan etika siswa terhadap guru selama pembelajaran online masa pandemic Covid – 19 di Man 1 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan.

Penelitian ini memperoleh hasil bahwa peran guru BK guna meningkatkan moral dan etika siswa terhadap guru selama pembelajaran online di MAN 1 Medan adalah mengingatkan siswa agar tetap menjaga moral dan etika selama pembelajaran online dengam cara melakukan Google meet selama sebulan sekali dan meminta jam kosong bagi guru yang sudah selesai melakukan pembelajaran online, serta berkolaborasi dengan wali kelas, guru dan wali murid guna mengawasi siswa agar tetap selalu mentaati moral dan etika selama pembelajaran online.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman, “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado.” Jurnal: Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska Muhammad Arsad Al –Banjari Vol.2 No.1 hal.3

Abu Bakar M. Luddin, “Kinerja Kepala Sekolah dalam Kegiatan Bimbingan dan Konseling” Jurnal : Ilmu Pendidikan, IAIN Sumatera Utara, 2013 Jilid 19 No. 2 hal. 218 -2019

Dedi Mulyasana, “Konsep Etika Belajar dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik.” Jurnal : TAJDID, 2019. Universitas Islam Nusantara (UNINUS), Bandung. Vol. 26 No.1 hal.100

Maidiantius Tanyid, “ETIKA DALAM PENDIDIKAN: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan,” Jurnal: JAFFRAY,2014 Vol. 2 No. 2 Hal. 237

Mujahida Hanafi, dkk. “Peran Guru Dalam Membina Moral Siswa di Sekolah Menengah Pertama” Jurnal: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen, Universitas Kanjuruhan Malang, 2019 Vol.3 Hal. 123 – 124

Rafsel Tas’adi, “Pentingnya Etika dalam Pendidikan” Jurnal: Ta’dib, 2014. STAIN Batu Sangkar Sumatera Barat. Vol.17 No. 2 Hal. 190 – 193

Reksiana,“Kerancuan Istilah Karakter, Akhlak, Moral, dan Etika”. Jurnal: THAQAFIYYAT, Institut Ilmu Alqur’an Jakarta, 2018. Vol.19 No. 1 Hal. 1 -9

Tomi, dkk. “Penerapan Pendidikan Karakter Moral Terhadap Siswa Melalui Pelajaran PPKn di Sekolah.” Jurnal: Genta Mulia, FKIP Universitas Labuhan Batu. Aek Tapa Labuhan Batu, Sumatera Utara, 2010. Vol.XI No.2. Hal 209 – 210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.