EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA FARMASI PADA MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA

Rahmawida Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran berbasis inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa farmasi muhammadiyah Tangerang. Desain penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan Pretest-Posttest Control Group, Non-Equivalent Control Group Design. Studi ini melibatkan 70 siswa pada semester 2 Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dosen, kuesioner, dan hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan penguasaan konsep mahasiswa farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia yang diberikan pembelajaran berbasis inquiry; (2) ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia yang diberikan pembelajaran berbasis inquiry.


Keywords


Inquiry; Penguasaan Konsep; Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Aini, Z., Ramdani, A., &Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23.

Febrianti, Y., Djahir, Y., Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Profit, 3(1), 121-127.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdani, D.. E. Kurniati &Sakti. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10 (1), 79 – 88.

Joyce, B., M. Weil & E. Calhoun. (2009). Models of Teaching: Model-Model Pengajaran (8thed). Translated by Fawaid A & A. Mirza 2009.

Lestari, N. D. (2018). Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Efektor, 5 (2), 74-85.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Munandar, U. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan, D. & I.G.P.A. Buditjahjanto. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa di SMK N Bunduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 301-309.

Setiawan, H., Setiany, E. P., Andiarani, M., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Model Pembelajaran Inquiry Guided. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1739-1745.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sungkawan, R. M. (2013). Analisis Penguasaan Konsep Awal Fisika pada Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 73-80.

Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains fisika peserta didik kelas XI MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 82-89.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1-12.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :