PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KABUPATEN DELI SERDANG

Anggi Tias Pratama

Abstract


Cognitive learning results are one of the skills needed in a learning on the 21st Century in Biology learning. Empowerment of thinking and metacognitive skills needs to be done so that students become independent learners. This PBL strategy in learning is expected to help students to improve the ability of students' cognitive learning outcomes in Biology learning. This study aims to determine the improvement of cognitive learning outcomes of students taught with PBL strategies. The results showed that PBL strategies can improve students' cognitive learning outcomes in different abilities. Improvement of Cognitive Learning Outcomes of students in PBL strategies is 65.52% and conventional is 53.41%.

Full Text:

PDF

References


Ackay, B. 2009. PBL in Science Education. Journal of Turkish Science Education, 6 (1), 26 -36.

Akinoglu, Orhan dan R. O. Tandogan. 2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematic, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 71-81.

Anderson, O.W. and Krathwohl, D.R., 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Anderson, N. J. 1991. Individual differences in strategy use in second language reading and testing. Modern Language Journal 75 (4): 460–72.

Antika, L.T. 2013. Perbandingan Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Antara Siswa Berkemampuan Akademik Tinggi dan Rendah Kelas X SMA di Malang melalui Strategi Problem Based Learning (PBL). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Antika, L. T. 2015. Hubungan anatara Minat Baca, Keeterampilan Metakognitif, dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (TPS). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ardila, C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Permberdayan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, Indonesia. (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel).

Ary, D., Jacobs, L.C, dan Razavieh, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional.

Bloom, B. S. 1981. Taxonomy of Educational Objectives. New York : Longman Inc.

Brown, A. L. dan DeLoache, J. S. 1978. Skills, Plans, and Self-regulation. In R. S. Siegel (ed.), Childrens Thinking: What Develops. Hillsdele, N. J. Erlbaum.

Corebima, A.D. 2005a. Pemberdayaan Berpikir Siswa pada Pembelajaran Biologi: Satu Penggalakan Penelitian Payung di Jurusan Biologi UM. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Malang, 3 Desember 2005.

Corebima, A.D. 2005b. Pengukuran Kemampuan Berpikir pada Pembelajaran Biologi. Makalah disajikan dalam Seminar Dies ke-41 Universitas Negeri Yogyakarta: Hasil Penelitian Tentang Evaluasi Hasil Belajar Serta Pengelolaannya, di Yogyakarta: 14-15 Mei 2005.

Corebima. A. D. 2006a. Strategi Pembelajaran yang Memberdayakan Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Siswa Berpotensi Akademik Rendah. Makalah disajikan pada The International Conference on Mathemathics and Science Education di UNJ Jakarta pada tanggal 29-30 Nopember 2006.

Corebima, A. D. 2006b. Metakognisi: Suatu Ringkasan Kajian. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-guru Biologi SMA, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPKM) UNPAR, Palangakaraya, 23 Agustus 2006.

Corebima, A.D. 2007a. Learning Strategies Having Bigger Potency To Empower Thinking Skill and Concept Gaining of Lower Academic Students. Proceedings of Redesigning Pedagogy Conference, Nanyang, May 28-30 2007.

Corebima, A.D. 2007b. Metakognisi: Suatu Ringkasan Kajian. Makalah disampaikan pada Diklat Guru Mata Pelajaran Biologi di Yogyakarta.

Corebima, A.D. 2008. Rubrik Keterampilan Metakognisi yang Terintegrasi dengan Tes Essay, Rubrik MAD. Malang.

Corebima, A.D. 2009a. Jadikan Peserta Didik Pebelajar Mandiri. Makalah. Disampaikan pada Seminar di UNM pada tanggal 19 Desember 2009.

Corebima, A.D. 2009b. Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Genetika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang pada tanggal 30 Juli 2009.

Corebima, A.D. 2009c. Metacognitive Skill Measurment Integrated in Achievement Test. Makalah disajikan pada The Third CosMED di Penang, Malaysia.

Corebima, A.D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Sains di Unesa pada Tanggal 16 Januari 2010.

Corebima, A. D., & Bahri, A. 2011a. Reading, Questioning, and Answering (RQA): A New Learning Strategy to Enhance Student

Metacognitive Skill and Concept Gaining. Paper presented at International Symposium at Nanyang Technology University, Singapura. 2011.

Corebima, A.D. 2011b. The Validation of Metacognitive Skill Measurement Integrated in Achievement Test. Makalah disampaikan pada Seminar Internasional Redesigning Pedagogy di NIE (NTU), Singapura, Juni 2011.

Corebima, A.D. 2011c. Assesmen Pembelajaran. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Penguasaan Assesmen Metakognisi dan Keterampilan Berpikir di UNM tanggal 17 Desember 2011.

Danial, M. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan GI terhadap Metakognisi dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Siswa Jurusan Biologi FMIPA UNM. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Fauziyah, D. R., Corebima, A. D.,& Zubaidah, S. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Sharedi SMA Negeri 6 Malang. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, Indonesia. (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel ).

Flavell, J. H. 1976. Metacognitive Aspect of Problem Solving. In L. B. Resnick (Ed.), The Nature of Intelligence (pp.231-236). Hillsdale, NJ: Erlbaum Association.

Flavell, J. H. 1979. Cognitive Development: Children’s Knowledge about the Mind. Annual Review of Psychology. Vol. 50: 21–45.

Hmelo-Silver, C. E. 2004. Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review. Vol. 16 (3): 235-266.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Veenman, M.V.J., 2006. Metacognition and Learning: Conceptual and Methodological Considerations. Recieved: 08 December 2005. Business Media, Inc. 2006. (www://springerlink.com, diakses 2 Oktober 2009).

Warouw, Z. W. M. 2009. Pengaruh Pembelajaran Metakognitif dengan Strategi Cooperative Script, dan Reciprocal Teaching pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Kemampuan dan Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi Siswa, serta Retensinya di SMP Negeri Manado. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.372

Refbacks



Copyright (c) 2018 BIOLOKUS

indexed by :