PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SE-KOTA STABAT

Muhammad Hasyim Ansari Berutu, Muhammad Iqbal H Tambunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat siswa dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA di Kota Stabat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Se-Kota Stabat pada tahun 2015. Metode penelitian adalah penelitian eks post facto dengan sampel penelitian sebanyak 155 siswa yang ditentukan secara purposive cluster random sampling (sampel acak kelompok) yaitu 83 siswa dari kelompok SMA negeri dan 72 siswa dari kelompok SMA Swasta. Instrumen penelitian menggunakan angket yang berjumlah 42 item pernyataan. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi pada taraf siginfikan = 0,05 dengan bantuan aplikasi komputer SPSS ver.20,0. Hasil penelitian dan pengujian analisis korelasi menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar biologi siswa SMA (r = 0,451 ; P = 0,000). (2) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA (r = 0,045 ; P = 0,000). Tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada seluruh Tenaga Pendidik khusus mata pelajaran Biologi untuk lebih meningkatkan kemampuan, keterampilan dan motivasinya dalam meningkatkan minat belajar biologi siswa, dan dengan bantuan keluarga bekerja sama meningkatkan kebiasaan belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Minat, Kesiapan Belajar, Hasil belajar biologi, SMA se-Kota Stabat

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Binuni, J., Kaunang, E. S., & Sumampouw, H. M. (2017).

Hubungan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi SMA Negeri 2 Tondano. JSME (JURNAL SAINS, MATEMATIKA & EDUKASI), 5(2), 184-187.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, A. N. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. BASIC EDUCATION, 5(13), 1-224.

Putra, Ardyansah Jani. 2012. Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Musik Terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya di SMPN 1 wates. S1 THESIS, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA . http://eprints.uny.ac.id/9917/

Rahayu, M. M. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Daerah Binaan Ii Kecamatan Ajibarang Banyumas. Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

http://lib.unnes.ac.id/22061/1/1401411150-s.pdf

Silitonga, R. M., & Siagian, S. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN (JTP), 8(1).

Simbolon, N. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 1(2).

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Ukpong, D.E. & George, I.N. 2013. Length of Study-Time Behaviour and Academic Achievement of Social Studies Education Students in the University of Uyo. INTERNATIONAL EDUCATION STUDIES; VOL. 6, No. 3:172-178.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Witleni. 2012. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa IPA Di SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. STKIP PGRI Sumatera Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BIOLOKUS

indexed by :