DIMA BUMI DIPIJAK DISITU LANGIK DIJUNJUANG : PROSES PENYESUAIAN DIRI DI PERANTAUAN MEDAN

Risvan Siraj Fadoli

Abstract


Suku bangsa Minangkabau adalah suku yang terkenal dengan kebiasaan merantau. Merantau di Mianangkabau merupakan suatu budaya yang telah terjadi sejak lama, dan dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Minangkabau, salah satu daerah rantauan orang Minangkabau adalah kota Medan. Artikel ini bertujuan menggambarkan proses penyesuaian diri masyarakat minangkabau dengan pepatah minang yaitu “dima bumi dipijak disitu langik dijunjuang”. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Etnografi yaitu pendekatan yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang budaya masyarakat dalam bentuk cara berpikir, cara hidup, adat, berperilaku, bersosial. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam pengamatan ini, metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi literature atau dokumentasi. Alat pengumpul data berupa peneliti, pedoman wawancara, dan alat rekam digital. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Spradlay dan teknik analisis hermeneutic. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri perantau minang terhadap bahasa adalah menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi agar mengurangi kesalahpahaman dalam berkomunikasi serta mengikuti aturan dan norma yang terdapat di negeri rantau.

 

Kata kunci: Proses Penyesuaian Diri, pepatah minang, merantau.


Full Text:

PDF

References


Akmal, S & Nurwianti, F. (2012). Kekuatan Karakter dan Kebahagiaan pada Suku Minang. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 3 (1).

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Corey, Gerald. (2005). Teori dan praktek dari konseling dan psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara. Jakarta: ERESCO.

Ermansyah dan Innike Rahma Dewi. (2007). Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3): Stud Deskriptif tentang Fungsi Operasional Sosial Suku Bangsa Miangkabau di Kota Medan. Medan: Jurnal Harmoni Sosial Vol (1). Januari 2007. Repository.usu.ac.id

Fakhrina, Intan. (2017). Merantau dan Pulang Basamo (Studi Reinterpretasi Pola Migrasi pada Masyarakat Minangkabau di Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Glasser, William. (2000). Reality Therapy in Action. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, Hasan Basri. (2015). Adaptasi Sosial Mahasiswa Asal Tidore di Kelurahan Titiwungen Manado. Jurnal Holistik Tahun VIII No. 15

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta. Rineka Cipta.

Mochtar Naim. (1984). Merantau Pola Migrasi Suku Minangkabau. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Naim, Mochtar. (2013). Merantau: Pola Migrasi Suku Minangkabau. PT Raja Grafindo: Jakarta

Usman, Abdul Rani. (2009). Etnis Cina Perantauan di Aceh. Yayasan Pustaka Obor Indonesia: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i1.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :