ETIKA GURU SEBAGAI LANDASAN PADA PENINGKATAN PROFESIONALISME DAN MUTU SATUAN PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI MTS LABORATORIUM UIN SUMATERA UTARA MEDAN)

Mahidin Mahidin

Abstract


Salah satu yang menjadi indikator mutu satuan pendidikan adalah profesionalisme guru. Guru yang memiliki profesionalisme yang tinggi ditandai dengan etika profesional yang dijunjung tinggi oleh guru. Sehgingga dapat menerapkan proses pembelajaran yang baik dan mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika profesional yang dimiliki guru di MTs MAL UIN Sumatera Utara Medan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru di madrasah yang diambil secara snowball. Teknik pengumpulan data dilakukan denngan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru memahami dengan baik etika profesional di madrasah. Kemudian guru juga selalu berupaya seoptimal mungkin menerapkan etika profesional dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Hal-hal yang menjadi penghambat guru dalam menerapkan etika profesional adalah kondisi insiden yang terjadi di kelas baik dalam situasi belajar atau di luar situasi belajar. Dimana insiden tersebut terkadang memancing emosi guru yang mengakibatkan tidak dapat menerapkan etika profesional secara optimal.

Kata Kunci: mutu pendidikan, etika profesional, satuan pendidikan


Full Text:

PDF

References


Frans Magnis, Suseno; Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral; (Yogyakarta: Kanisius, 1987)

Heri Susanto; Profesi Keguruan; (Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 2020)

Imron Fauzi; Etika Profesi Keguruan; ( Jember: IAIN Jember Press, 2018)

Rusydi Ananda; Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Telaah Terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan); (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2018)

Siswanto; Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam; (Surabaya: Pena Salsabila, 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.2359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :