EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA

Yayuk Riana, Nurul Latifatul Inayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Quran di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, mengevaluasi efektivitasnya bagi siswa, serta mengidentifikasi faktor apa saja yang mendukung serta menghambat proses belajarnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa program tahfidz dilaksanakan setiap hari Selasa pagi dan Kamis pagi setelah selesai sholat dhuha. Pembelajaran ini terbilang efektif dengan target mencapai 2 juz dalam waktu 3 tahun. Di antara faktor pendukung program ini ialah antusiasme siswa serta dukungan dari orang tua yang ingin anak-anak mereka dapat menghafal Al-Qur'an, ditambah dengan tersedianya sarana prasarana yang cukup baik. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat seperti ketidaklancaran siswa dalam membaca Al-Qur'an akibat kurangnya kerja sama antara wali murid dan pihak sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad, Dartim, M. Zakki Azani, Nurul Latifatul Inayati, and Istanto. 2022. “Analisis Relevansi Design Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Kebutuhan Pengguna Lulusan.” Suhuf 34(2): 118–40.

Bin Auf Alamin, Fatahhillah Abdurrahman, and Nurul Latifatul Inayati. 2020. “Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Sragen.” Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices 4(2): 316–30. doi:10.23917/iseedu.v4i2.14345.

Azizah, Nur, Leny Marlina, and Asep Rohman. 2024. “Pelaksanaan Program Tahfidz Di MI Ikhlasiyah Palembang.” 8: 11231–37.

Fenty Sulastini, and Moh. Zamili. 2019. “Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an Dalam Pengembangan Karakter Qur’ani.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4(1): 15–22. doi:10.35316/jpii.v4i1.166.

Gagaramusu, Yusdin, Herlina Herlina, Muhammad Fasli, and Nining Kusuma Wardani. 2024. “Analisis Gaya Kepemimimpinan Kepala Sekolah Dalam Mendisiplinkan Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sindue.” Jurnal Basicedu 8(1): 561–67. doi:10.31004/basicedu.v8i1.7141.

Graham, Solomon., and Craig B. Fryhl. 2011. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan. Bandung: Alfabeta.

Hasna, Nurul Latifatul Inayati, Valentino Rossi, and Aulia Rosyida. 2024. “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an Di TPA Lingkar Qur ’ an Al -Ikhlash Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(2): 1913–24.

Husna, Asmaul, Rafiatul Hasanah, and Puspo Nugroho. 2021. “Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 6(1): 47–54. doi:10.15575/isema.v6i1.10689.

Kurniawan, Ade, Nurul Latifatul Inayati, Iflahul Kamal, Dede Satria Putra, Ilham Khoiri, and Muhammad Rasyid Ridlo. 2024. “Evaluasi Pembelajaran Tartil Dan Tilawah Al-Qur’an Dengan Konsep Talaqqi (Studi Analisis Metode Kempek Di Yayasan Bina Pendidikan Irmuna Cirebon).” COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 3(09): 3781–94. doi:10.59141/comserva.v3i09.1175.

Markhabi, F. 2024. “Efektivitas Program Tahfizh Al-Qur’an Di SMP Tahfizh Azhar Centre.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(1): 441–54. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/512%0Ahttps://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/512/282.

Muhammad Makmun Rasyid. 2015. PT Elex Media Komputindo Kemukjizatan Menghafal Al-Quran.

Nasir, Abdul, Nurjana, Khaf Shah, Rusdy Abdullah Sirodj, and M Win Afgani. 2023. “Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif 1.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(5): 4445–51. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APendekatan.

Rahmi, Yuliani. 2019. “Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur`An Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi.” INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies 19(1): 65–76. doi:10.30631/innovatio.v19i1.78.

Rustiana, Dewi, and Muhammad Anas Ma`arif. 2022. “Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa.” Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1(1): 12–24. doi:10.59373/kharisma.v1i1.2.

Safa’at, Muhammad Khairul, and Nurul Latifatul Inayati. 2019. “Efektivitas Metode Tikrar Dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al- Qur ’ an.” URECOL: University Research Colloquium: 79–83.

Sahida, Diyah, Program Studi, Pendidikan Agama, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, U I N Syarif, and Hidayatullah Jakarta. 2023. EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR ’ AN PADA PROGRAM TAKHASSUS AL- QUR ’ AN DI SD ISLAM TERPADU AL-IZZAH KECAMATAN SOLEAR.

Sar’an, and Melly Sri Riski. 2017. “EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDN 13 TALAMAU PASAMAN BARAT (TINJAUAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PERDA NO. 9 TAHUN 2007 TENTANG BACA TULIS AL-QURAN).” (9): 1–6. doi:10.1145/3139367.3139426.

Solehah, Devi Umi, Parlaungan, and Wahyu Rinjani. 2021. “Analisis Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Al-Munadi Medan.” Islamic Education 1(2): 47–53. doi:10.57251/ie.v1i2.50.

Wibisana, Gunawan. 2022. “MEWUJUDKAN SEKOLAH RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 1 JOGOROGOKABUPATEN NGAWI.” 2(1): 115–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i2.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.