DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN IPAS LEARNING ON FOOD CHAIN MATERIAL FOR 5TH GRADE ELEMENTARY/MADRASAH STUDENTS
Abstract
References
Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., & Artawan, P. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Ipa Sd Berbasis Eksperimen Bagi Guru Guru Sd Gugus Viii Kecamatan Kubutambahan. International Journal of Community Service Learning, 1(2), 89. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i2.12094
Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EduTech Journal, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.62872/mp5y5475
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Amatullah, D. C., & Sutrisno, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 142–149. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.19
Anggara, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Man 1 Garut. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ, 4(2), 43–48.
Barus, R. B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum.
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi dalam Belajar. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48.
Dewi, N. M. A. S., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. I. G. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 547–560. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.302
Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446
Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466–471. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839
Gusti Ayu Made Mia Arisandhi, I Made Citra Wibawa, & Kadek Yudiana. (2023). Flipbook: Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 165–174. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55034
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue 1). https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf
Indriana, Y., & Fadhlurrohman, M. D. (2024). Hubungan antara Harga Diri dan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. Jurnal Psikologi Perseptual, 9(1), 128–145. https://doi.org/10.24176/perseptual.v9i1.10771
Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training : Prototyping to Reach Product Quality. Kluwer Academic Publishers.
Oktavia, T. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR. In Program Studi Pendiidkan Guru Sekolah Dasar. Universtas Jampi.
Pramudita, E. R., Fajrin, R., & Ana, R. (2024). Pengembangan Media Video Animasi berbasis Canva Materi Rantai Makanan Siswa Kelas V SD Negeri 1 Moyoketen. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 86–93.
Pribadi, B. A. (2017). Media Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Putri, A. R. (2022). PENGARUH MEDIA KUIS INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG]. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Raehang, & Karim. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 174–182. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/taksonomi.v4i1.6336
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., Agustina, P., & Nazidah, M. D. P. (2022). Multimedia Interaktif PAUD dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5397–5405. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2962
Riva’i, Z., Ayuningtyas, N., & Fachrudin Dhany, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2277
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381
Rosmana, P. S., Iskandar, S., A, A. N. A. H., Nengsih, N. W., Nafisah, R., & Al-fath, V. I. (2023). Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal Of Social Science Research, 3(2), 3097–3110. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APeranan
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suharti. (2022). Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ipa Di Kelas Vi Sdn 015 Sungai Bengkal. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.948
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Syamsi, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Rantai Makanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Bulango Utara [Universitas Negeri Gorontalo]. https://repository.ung.ac.id/en/skripsi/show/704521003/pengembangan-media-pembelajaran-interaktif-berbasis-adobe-flash-materi-rantai-makanan-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-kelas-v-sdn-3-bulango-utara.html
Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1520–1533.
Vela, L. V., Ardi, A., Arsih, F., & Fuadiyah, S. (2021). Validitas Dan Kepraktisan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Untuk Materi Sistem Sirkulasi Kelas Xi Sma. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 41. https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3250
Wahyuni, H., & Marno. (2024). Transformasi Pendidikan: Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Digitalisasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5675–5688. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14888
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i2.4086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.