PENGEMBANGAN SPIRITUAL QUOTIENT MAHASISWA MELALUI KULIAH AHAD SUBUH (KAS) : STUDI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. An Nisa’ Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(1), 570–582. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa
Agustina, L., Daharnis, & Hariko, R. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. Jurnal Konseling Andil Matappa, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.266
Almira, V., Pribadi Mahardika, Z., & Muhammad Astiwara, E. (2023). Hubungan antara Refleksi Diri dengan Empati Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(3), 195–201. https://doi.org/10.59141/cerdika.v3i3.553
Amelia, R., Saputro, A. I., Purwanti, E., Dan, S. Q., Intelligences, M., Qur, A.-, Kesimpulan, M. I., & Islam, P. (2022). Internalisasi Kecerdasan Iq, Eq, Sq dan Multiple Intelligences dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis). Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(2), 34–43. https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/view/232%0Ahttps://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/download/232/166
Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1106–1111. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Astutik, U., & Habibi Muhammad, D. (2023). Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keaktifan Sholat Sunnah Duha Siswa Mts Nusantara Probolinggo. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(1), 99–109. https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.608
Bahri, S. (2022). Pendidikan Agama Islam Berbasis IQ , EQ , dan SQ. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 12(1), 43–61. https://doi.org/https://doi.org/10.62748/tarbawi.v10i01.78
Damianus Suryo Pranoto. (2023). Refleksi Filosofis dan Teologi Kebebasan Manusia dalam Perspektif Armada Riyanto. Jurnal Reinha, 14(2), 113–126. https://doi.org/10.56358/ejr.v14i2.281
Ghani, M., & Sulaiman. (2023). Pengaruh Kegiatan Kajian Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritul Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1669–1689. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.4018
Hasan, C. J. (2019). Bimbingan Dzikir dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Tazkiyatun Nafs. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(2), 127–148. https://doi.org/10.15575/IRSYAD.V7I2.855 Bimbingan
Hidayah, N., Rosidi, A. R., & Shofiyani, A. (2023). Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(2), 190–207. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i2.957
Mardiah, A. (2022). Fenomena Flexing: Pamer di Media Sosial dalam Persfektif Etika Islam. International Conference on Tradition and Religious Studies, 1(1), 309–319. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/article/view/239
Miles, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis (H. Salmon (Ed.)). SAGE.
Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Manazhim : Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 157–171. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.856
Nastiti, D. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Pembentukan Sikap Demokratis. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 64–76. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2433
Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188
Putri, N. U. (2022). Bimbingan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (SQ) Santri (Studi Kasus pada Santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kamuja). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 527–545. https://doi.org/10.15575/jpiu.v2i3.14428
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan keunggulannya (A. L (Ed.)). Grasindo.
Ridwanurrohman, D., & Hafidz. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMK Negeri 6 Sukoharjo. Jurnal Tarbiyah, 31(1), 57–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3406
Sakina, Damopolii, M., & Ahmad Afif. (2022). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 04(1), 8–19. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipm
Sari, A. F., Rizki, B. M., & Haris, A. O. I. (2020). Apakah Kecerdasan Spiritual Memberi Pengaruh Terhadap Stress Tolerance ? Studi pada Mahasiswa Pendidikan Dokter. INTUISI Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(3), 236–246. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
Sholekha, A. (2022). Implementation of Reading Asmaul Husna: an Effort to Increase Spiritual Intelligence. JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy, 2(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/jousip.v2i1.673 Abstract
Widiyawati, E., & Muhammad, D. H. (2023). Pengembangan Kecerdasan Spiritual ( SQ ) Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Kota Probolinggo. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(1), 393–404. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.584.
Zohar, D., & Marshal, I. (2000). SQ : Spiritual Intelligence - The Ultimate Intelligence. Mizan Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i2.3831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.