PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PPKn SISWA MIN RAMBA PADANG KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Abstract
: Permendikbud No. 58 Tahun 2013 menjelaskan bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada siswa (student centered) dan guru hanya menjadi fasilitator dan bukan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Namun kenyataan di lapangan diperoleh bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, bahkan bahan ajar yang digunakan pun bersifat textbook center (berpusat pada buku pelajaran) sehingga siswa merasa jenuh dalam belajar. Dari hasil observasi awal juga ditemukan bahwa minat baca PPKn siswa kelas 5 di MIN Ramba Padang juga tergolong rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan: mengembangkan bahan ajar Komik untuk meningkatkan minat baca PPKn siswa kelas 5 MIN Ramba Padang kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu: (1) validator ahli sebanyak 3 orang (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli ilustrasi gambar); dan (2) siswa kelas V di MIN Ramba Padang sebanyak 17 orang. Instrumen yang digunakan, yaitu: angket validasi ahli, angket minat baca PPKn, lembar observasi minat baca PPKn, dan angket tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh bahwa bahan ajar Komik yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk siswa kelas V dengan skor rata-rata validasi sebesar 95,56% atau berkategori sangat valid; (2) berdasarkan hasil uji coba telah diperoleh bahwa bahan ajar Komik yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan minat baca PPKn siswa kelas 5dengan skor rata-rata peningkatan yang lebih dari 23 atau berkategori tinggi; dan (3) berdasarkan uji peningkatan skor minat baca PPKn diperoleh bahwa bahan ajar Komik yang dikembangkan telah meningkatkan minat baca PPKn siswa kelas 5 MIN Ramba Padang sebesar 23,24 dengan kategori tinggi melalui pengukuran angket, dan sebesar 23,11 dengan kategori tinggi melalui pengukuran observasi pada uji coba pertama dan uji coba kedua.
Kata Kunci:Bahan Ajar, Komik, Minat Baca, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Diana & Bagus, “Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segiempat”, Jurnal Pendidikan Matematika,2 (2), 2016, hal. 1-8, https://ejournal.stkipmpringsewulpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/176 diakses 12 April 2018.
Danaswari, Resti Wahyu., dkk. “Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon pada Pokok Bahasan Ekosistem”, Jurnal Scientiae Educatia, 2 (2), November 2013, hal.1-17, http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/477/453 diakses 17 April 2018.
Darmadi, Hamid, Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Bandung: Alfabeta, 2013.
Fahyuni, E F & Imam Fauji. “Pengembangan Komik Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”, Halaqa: Islamic Education Journal, 1 (1), Juni 2017, hal. 17-26. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa diakses 18 Desember 2017.
Gagne, dkk. Principles of Instructional Design (5th ed.), Belmont, CA: Thomson/ Wadsworth, 2005.
Ifdhal, dkk.,“Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung (IBG) Kelas X SMK Negeri 5 Padang”, Journal of Civil Engineering and Vocational Education,1 (3), 2003, hal. 211-220, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/2507 diakses 12 April 2018.
Januszewski, A., Molenda, M Educational Technology, New York: Lawrence Erlbaum Associates, 2008.
Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
Khairi, Ashabul., “Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal PPKn & Hukum,11 (1), 2016, hal. 98-110. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/3658/3564 diakses 22 Desember 2017.
Lickona. Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Lubis, Maulana Arafat. “The Using of Comic as a Teaching Material in Building Character of Elementary School Students”. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1 (2), 2017, hal. 246-258. http://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/44 diakses pada tanggal 27 April 2018.
Lubis, Maulana Arafat., “Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Model Problem Based Learning”, Jurnal Tematik, 6 (3), hal. 199-203, Medan: Prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNIMED, 2016.
Lubis, Maulana Arafat. Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Pada Abad 21 dalam Membuat Bahan Ajar Leaflet, 10 April 2018, hal. 1-22. http://doi.org/10.17605/OSF.IO/VSEZK diakses 5 Mei 2018.
Lubis, Maulana Arafat.,Mutia S., Isma Y. Kualitas Bahan Ajar Komik dalam Tingkat Pemahaman Belajar Peserta Didik”. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 2017, hal. 45-50. http://semnasfis.unimed.ac.id diakses pada tanggal 12 April 2018.
Lubis, Maulana Arafat. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MIN Medan Sunggal. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8270 diakses 18 Mei 2018.
Mediagus, Perangkat Pembelajaran Komik, Padang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni UNP, 2012.
Mei Fita Asri Untari & Aprilianta Adi Saputra, “Kefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD”, Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3 (1), 2016, hal. 26-36, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=448345&val=7996&title=KEEFEKTIFAN%20MEDIA%20KOMIK%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20MEMBACA%20PEMAHAMAN%20PADA%20SISWA%20KELAS%20IV%20SD diakses 22 Desember 2017.
Permendikbud No. 58 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Edisi Ketiga Jakarta: Kencana, 2013.
Scott, McCloud. Understanding Comics, E-book, 2012.
Somadayo, Samsu., Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca: Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Sudjana, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algasindo, 2007.
Triatma,Ilham Nur., dkk. “Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta”, E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, Vol. 5 Nomor 6, 2016,hal. 166-178,http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/3098/2794diakses 17 April 2018.
Wahab, Abdul., dkk. “Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Minat Baca dan Meningkatkan Hasil Belajar”. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6 (1), 2016, hal. 1090-1099. (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/download/524/377) diakses 12 April 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i2.370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.