PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF TUAN GURU BESILAM LANGKAT (Studi Interpretative Phenomenologi Tarekat Naqsyabandiyah Babussalam)
Abstract
This research discusses Character Education from the Perspective of Tuan Guru Besilam Langkat (Interpretive Phenomenological Study of the Naqsyabandiyah Babussalam Tarekat). The problems discussed in this research are seen from a very urgent phenomenon among society, namely character education. This research aims to find out what the views of Tuan Guru Belilam Langkat are and the wisdom implemented in the Naqsyabandiyah Babussalam Tarekat concept in implementing character education. Therefore, the author wants to conduct this research using a qualitative type of research with a Phenomenological study. The data obtained is based on observations, interviews and documentation studies. The analysis technique uses methods; data reduction, data presentation, conclusions. Then check the validity of the data by; credibility test, transferability test, defendability test, confirmability test.
Full Text:
PDFReferences
Omeri Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9 Nomor 3.
Abdul Halim. 2017. Pendidikan Karakter adalah Sebuah Keharusan. Waksita, Vol. 1, NO.1.
Isnaini. 2021. Peranan Syekh Abdul Wahab Rokan dalam Pendidikan Islam di Besilam Kabupaten Langkat. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Budi Sabar. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 3.
Chairunnisa, dkk. 2023. Konsep Pendidikan Islam dan Kebudayaan dalam Persfektif Syaikh Abdul Wahab Rokan (Studi Tokoh Pendidikan Agama Islam di Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura-Langkat). Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, Volume 3, Nomor. 1.
Husamah., dkk. 2019. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Marisiska Titin. 2023. Pendidikan Literasi. Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia Anggota IKAPI 041/SBA.
Soemarno. 2007. Membangun Kembali Jati Diri Bangsa. Yogyakarta: Yayasan Jati Diri Bangsa.
Saputra Zikri. 2001. Mentalitas Air Pemuda Membangun Peradaban. Jakarta: Guepedia.
Aisyah. 2021. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Jakarta: Kecana.
Halim Abdul. 2017. Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. Waksita, Vol. 1, No.1.
Mustoip Sofyan., dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.
Hariyadi Tebi., dkk. 2023. Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Penelitian Mahasiswa. Vol.2, No.1.
Hariyadi Tebi., dkk. 2023. Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Penelitian Mahasiswa. Vol.2, No.1
Musrifah. 2016. Pendidikan Karakter dalam Persfektif Islam. Edukasia Islamika: Volume 1, No. 1
Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1996.
Dahrun. 2020. Pendidikan Karakter dalam Persfektif Islam. Tadzhib Akhlak: UIN Jakarta.
Azizy Qodry. 2003. Pendidikan Agama Membangun Etika Sosial. Semarang: Aneka Ilmu.
Alivia Risa. 2022. Strategi Komunikasi Persuasif Syekh Zikmal Fuad dalam Mengembangkan Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah di Babussalam Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Jakarta: Skripsi
Romadon. 2022. Peran Abdul Wahab Rokan Melalui Tradisi Suluk Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Perspektif Al-Qur’an. Medan: Disertasi.
Hidayat Ziaulhaq. 2015. Tarekat Naqsyabandiyah-Khalidiyah Babussalam (TKNB). Jakarta: (LSIP).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.