EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM TERHADAP SELF CONTROL SISWA MAN 1 MEDAN

Siti Nur Halimah, Abdul Aziz Rusman

Abstract


Rendahnya kemampuan self control akan mempengaruhi  tingkahlaku seseorang. Siswa dengan self ontrol rendah akan berdampak pada tugas perkemabangan yang menyangkut dalam kehidupan pribadi, belajar, sosial dan karirnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik home room dalam meningkatkan self control siswa kelas XI IIK MAN 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yakni sampel diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil pretest yang diperoleh terdapat 8 orang konseli yang menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji Wilcoxon signed ranks test Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,012. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik home room dapat meningkatkan self control siswa, seperti dalam mengambil keputusan klien akan memikirkan dampak yang terjadi, klien lebih mudah dalam mengambil keputusan dan dapat mengendalikan diri dalam menggunakan handphone ketika jam pelajaran berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Armila, A. (2020). Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Stres. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 113. https://doi.org/10.32332/jbpi.v2i1.2056

Fadila, N., Saputri, D., & Zuhdi, M. S. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Remaja. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(1), 63–77. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i1.6831

Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2022). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Harahap, A. C. P. (2017). Prosedur Kelompok Dalam Konseling.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book. Tulungagung:ud duta sablon.

Hidayah, N. R. (2020). Kontrol Diri dan Konformitas Terhadap Kenakalan Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 657. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5571

Ika Ernawati, & Arbiansyah Pramudya Ahzani. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(02), 349–357. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4690

Istiqomah, S., Nurkholidah, E., & Pranowo, T. A. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk peningkatakan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 138. https://doi.org/10.29210/30033125000

Juliawati, D., Yandri, H., & Afrifadela, N. (2020). Self Control Belajar Siswa di Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 71–80. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.557

Lailan Maharani, & Sri Wahyuni. (2023). Analisis Kepekaan Sosial Pada Siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 189–196. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5112

Lubis, A. E., Khairuddin, K., & OK, A. H. (2023). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Di Man 5 Madina. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 1–9. https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.348

Ma’ruf, M. G. (2019). Hubungan Konsep Diri dan Self Control dengan Kebermaknaan Hidup. Indonesian Psychological Research, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.29080/ipr.v1i1.166

Majid, M. F. A. F., Nalva, M. F., & Baharuddin, B. (2019). Self Control dalam Meningkatkan Konsistensi Belajar Akademik. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.31960/konseling.v1i1.339

Miskanik, & Susiati. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik SMK Bina Putra Jakarta. Jurnal review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 114–123. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk

Nastiti, A. P., & Gumilang, G. S. (2023). Profil Teknik Homeroom Sebagai Strategi Jitu dalam Bimbingan Kelompok. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 6, 852–856. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3734

Pahlawati, R., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Secara Daring Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Pengguna Sosial Media Di Smp. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(5), 401. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.8320

Pranata, D., Ferdiansyah, M., & Sari, S. P. (2020). Gambaran Self Control Siswa Pelanggar Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 1 Lubai. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4867

Putri Evita Sari Nasution, & Alfin Siregar. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 197–208. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5115

Rachmaniar, A. (2020). Pengaruh kontrol diri terhadap pembuatan keputusan karier siswa. Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI, 7(1), 7–13. https://doi.org/10.26539/teraputik.41281

Rahmania, L., Kasih, F., Kardo, R., & Barat, P. S. (n.d.). TAFAHHAM : Jurnal Pendidikan dan Riset MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI KELAS X IPS SMA PGRI 2 PADANG. 20–25.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, S., Faijin, & Sarbuni. (2020). Implementasi Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self Control Pada Peserta Didik. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33627/gw.v3i1.275

Yuliamah, Saputra, W. E. N., & Bandono. (2021). Upaya Meningkatkan Kontrol Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Penawartama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 1920–1925.

Zuhdi, M. S., & As-Shodiq, M. J. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom. Jurnal Nusantara of Research, 10(1), 99–106.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.