KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 TANJUNG BALAI

Rahmat Hidayat, Junaidi Arsyad, Syamsu Nahar

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisa bagaimana pelaksanaan, perencanaan dan pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Tanjungbalai. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil temuan menunjukkan bahwa Perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah sudah dibuat dalam perencanaan jangka panjang, menengah, jangka pendek dan melibatkan semua stakeholders menyusun rencana kerja sekolah. Pelaksanaan perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru berjalan sebagaimana mestinya, hal ini bisa dilihat dari kepemimpinan dan motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah. Sarana dan prasarana yang cukup memadai, sedangkan Pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dan maksimal. Pemberian sanksi yang berat tidak diterapkan karena pertimbangan kemanusiaan dan kesejahteraan yang diterima guru. Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah adalah pengawasan rutin terhadap semua kegiatan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Tanjungbalai.

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syaiful Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Muhadi, Zainuddin, dan Abd. (2005). Mustaqim, Studi Kepemimpinan Islam Telaah Normatif & Historis. Semarang: Putra Mediatama Press.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2002). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kepemdidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin dan Asrul. (2013). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka media.

Wahjosumidjo. (2000). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i2.3577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.