HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN PERASAAN CEMAS BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA ANAK PANTI ASUHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan kecemasan berbicara di depan umum anak panti asuhan Al-Washliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Sampel penelitian berjumlah 123 orang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian angket tentang kecemasan berbicara dan angket penyesuaian diri. Teknik analisis data menggunakan rumus product moment correlation. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: Ada hubungan negatif antara penyesuaian diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada anak panti asuhan Al-Washliyah dengan r= -0,345 pada signifikansi 0,000 atau sebesar 11,9%. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan anak melakukan penyesuaian diri maka semakin rendah kecemasan yang dialaminya ketika berbicara di depan umum.
Full Text:
PDFReferences
Amali, B. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Upaya Meminimalisasi Kecemasan Siswa Saat Berbicara di Depan Umum dengan Metode Expressive Writing Therapy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 109. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12306
Andriani, D., Fitria, L., & Wijaya, I. (2023). Hubungan Antara Self Concept dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(4), 508. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.508-512
Bayhaqi, A. Z., Murdiana, S., & Rifdah, A. (2017). Metode Expressive Writing untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 146–154.
Choirudin, M. (2015). Penyesuaian Diri: Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1–20.
Fatah, S. A. A. Al, & Nafila, A. (2022). Peranan Self Efficacy dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2), 265–273. https://doi.org/10.52593/mtq.03.2.05
Firmansyah, F., & Sovitriana, R. (2021). Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 25–31.
Hamama, S. (2023). Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Publik dalam Public Speaking dari Sisi Psikologis dan Praktis. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 76–83. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar
Hasibuan, A. D. (2023). Metodologi Penelitian : Teori dan Praktik Riset Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Merdeka Kreasi Group.
Khaerunnisa, P., Nugraha, A., & Arumsari, C. (2020). Profil Kecemasan Berbicara di Depan Umum Siswa SMA. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(3), 107–113. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Kholisin, K. (2014). Kecemasan Berbicara Ditinjau dari Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 77. https://doi.org/10.21580/jid.v34.1.65
Kusuma, W. D., Utami, A. B., & Ramadhani, H. S. (2022). Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Pasca Pandemi: Bagaimana Peran Body Image? SUKMA : Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2), 270–280. https://doi.org/10.30996/sukma.v3i2.7715
Muslimin, K. (2013). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum. Jurnal Interaksi, 2, 42–52.
Nabu, J. F. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Penyesuaian Diri dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siswa Sma Swasta RK Deli Murni Bandar Baru. Universitas Medan Area.
Ningsih, S., & Chairilsyah, D. (2015). Relationship Between Self Adjustment Andanxietyof Communications on College Student of Early Childhood Education of Stkip Aisyiyah Riau. 000, 1–14.
Nisaa, Y. K., & Nuryoso, A. (2017). Faktor-faktor Penyebab Kecemasan dalam Menyampaikan Pidato pada Mahasiswa Peserta Kuliah Publik Sepaking Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Noar, Y. D. de, Sitasari, N. W., & Safitri. (2021). Gambaran Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Santri SMA di Pondok Pesantren. JCA Psikologi, 2(2), 98–106.
Noviandari, H. (2021). Penyesuaian Diri Remaja Terhadap Lingkungan Baru. Pena Persada.
Nurfauziah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2022). Gambaran Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Soreang. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(1), 44. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i1.8748
Nurhasanah, D., Mukhyi, T. F., Wirda, R., Nadhira, M., Tsabitah, G., Salsabila, A., & Amna, Z. (2023). Tingkat Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa. Syiah Kuala Psychology Journal, 1(1), 74–83.
Paramita, R. S. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Widya Gama Press.
Pranata, D., Pratikto, H., & Suhadianto. (2022). Penyesuaian Diri pada Remaja: Bagaimana Peranan Kelekatan Orang Tua? INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 342–353.
Prastiwi, E., & Imanti, V. (2022). Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru IAIN Surakarta dalam Menempuh Pembelajaran Online di Tahun Pertama Perkuliahan Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 4(1), 1–18.
Rengganawati, H. (2024). Kecemasan dalam Berbicara di Depan Umum pada Kalangan Mahasiswa Berusia 17-22 Tahun. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 2(2), 60. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6953
Rusman, A. A., & Nasution, F. (2021). Deskripsi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Sebagai Dampak dari Pembelajaran Daring. Al-Irsyad, 11(2), 230. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.10574
Wahyuni, S. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4), 220–227. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3519
Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan. UNP Press.
Yusuf, M. F. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan Umum (D. T. Aji (ed.); Cetakan Ke). Pustaka Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.