PENERAPAN METODE HALAQAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRIWATI KELAS X MA AL-MUKMIN SURAKARTA

Annida Nurillah Addaraini, Nurul Latifatul Inayati

Abstract


Peningkatan minat masyarakat terhadap penghafal Al-Qur'an, terutama pada siswa MA, menandai kebutuhan akan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini mencermati penerapan metode halaqah sebagai solusi untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an pada kelas X MA Al-Mukmin Surakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan penghimpunan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ialah memahami berbagai metode halaqah di MA Al-Mukmin serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Untuk mengatasi masalah hal itu dilibatkan metode pemecahan yang melibatkan peningkatan kualifikasi ustadzah dan memberikan pembinaan insentif bagi santri yang mengalami kesulitan. Hasil penelitian menerangkan bahwa metode halaqah terbukti efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an dan disiplin santriwati. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini memiliki potensi menjadi solusi berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil hafalan Al-Qur'an di sekolah-sekolah Islam

Full Text:

PDF

References


An Nahdliyah, K., Sunardi, S., & Ilmiyah, F. (2022). Penerapan Metode Muroja’ah Dan Sima’i Dalam Peningkatkan Hafalan Al Qur’an Siswa Di MA Al Washoya Kertorejo Ngoro Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 191–205. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.615

Ash Shiddieqy, T. M. H. (2019). Sejarah & pengantar ilmu Al Qur’an dan tafsir. Pustaka Rizki Putra.

Diah Utami, R., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 185. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353

Farihah, R. K. (2021). Model Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Tilawah Siswa Pada Bidang Tahfidz (Studi Di SD IT YASIFA Pasar Kemis Kabupaten Tangerang). Skripsi. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7761

Hasna, L. U., Suhadi, & Sulistyowati. (2022). Implementasi Pembelajaran Halaqah Tahfidz Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 241. https://doi.org/10.54090/aujpai.v2i2.5

Hidayati, S. (2021). Implementasi Metode Halaqah, Ziyadah, Dan Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Azmania Ronowijayan Siman …. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15279%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/15279/1/210316087%2C SARI HIDAYATI%2CSKRIPSI.pdf

Khoirulloh, A. N., Hafidz, & Nashihin, H. (2022). Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Griya Qur’an 3 Klaten. Attractive : AInnovative Education Journal, 4(1), 871–872.

Kinesti, R. D. A., Efendi, F. D., Kholilah, N., & Nandifa, A. (2023). Implementasi Metode Halaqah Pembelajaran Tahfidz Qur’an Peserta Didik Kelas 1 di MI Terpadu Tahfizhul Qur’an Al-Ma’shum. Anwarul, 3(4), 676–684. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1285

Mardiyah, R., Ramayani, N., & ... (2022). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kampung Qur’an Pulau Banyak. … Jurnal Pendidikan Sosial …, 1(4). https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/view/449%0Ahttps://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/download/449/430

Marjuni, H. A., & Iqbal, M. (2022). Implementasi Pengajian Halaqah Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik Melalui Pengajian Kitab Kuning Di Madrasah As’Adiyah Pusat Sengkang Kabupaten Wajo. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 276–291. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.32280

Moleong, D. L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Puspitaningrum, Mansur, R., & Hakim, D. M. (2023). Jurnal tarbiyah. 30(1), 160–175.

Putra, R. P., Fatimah, M., & Rumaf, A. F. H. (2023). Peran Musyrif Tahfizh dalam Penguatan Hafalan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 51–64. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i2.844

Satria, H. L. (2017). Menggairahkan Perjalanan Halaqah. Pro-U Media.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Triana, N., Yahya, M. D., Nashihin, H., Sugito, S., & Musthan, Z. (2023). Integrasi Tasawuf Dalam Pendidikan Islam dii Pondok Pesantren. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 299–314. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2917

Yahya, I. A. Z. (2018). At-Tibyan Adab Penghafal Al Quran. Al-Qowam




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i2.3220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.