AN ANALYSIS OF TESTS DESIGNED BY ISLAMIC EDUCATION TEACHERS BASED ON HIGHER-ORDER THINKING SKILLS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Iqbal Faza dan Sukirman. 2019. Analisis Higher Order Tingking Skills (HOTS) Pada Soal Ujian Akhir Siswa Kelas 6 KMI Dalam Kelompok Mata Pelajaran Dirasah Islamiyah di Pondok Modern Tazakka Batang Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XVI, No. 2, Desember 2019.
Arikunto, Suharsimi. 2020. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asfiyah, Siti. Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills Pada Mapel PAI dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa di Tingkat SMP. Jurnal: Quality, Vol. 9 No. 1 Tahun 2021.
Baharun H, Sa’diyah K. 2018. Penilaian Berbasis HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI. Riau: Hikmah, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2 Juli-Desember 2018. Hal 187-204.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2019. Modul Penyusunan Soal HOTS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Nurhayati, Jamilah, dan Astuti, Reni. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Jurnal: Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022.
Nursalam. (2012). Pengukuran dalam Pendidikan. Ujungpandang: Alauddin University Press.
Purnomo, Pajar. 2019. Penilaian Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill). Cilacap: Candradimuka Pers.
Suparman, Ujang. 2021. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Bandar Lampung: Pusaka Media.
Surapranata, Sumarna. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Syarifuddin, Mutmainah dan Fauziah, Ade Fitri.2022. Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal: Pendidikan MIPA Volume 12. Nomor 4, Desember 2022.
Wicaksono, Ari Reza. Pengembangan Soal Berbasis Hots Matapelajaran PAI Di SMK 17 Seyegan. Jurnal: Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 3, Nomor 1, April 2021.
Widihastuti. 2015. Model Penilaian untuk Pembelajaran Abad 21 (Sebuah Kajian untuk Mempersiapkan SDM Kritis dan Kreatif. Dalam Siti Hamidah, Sri Wening, dan Yuswati (Penyunting), Prosiding Seminar Nasional Pengembangan SDM Kreatif dan Inovatif untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Berdaya Saing Global (hlm.77-86). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i2.3117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.