IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESSIVISME
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2011). Konstruksi Model Pendidikan Berbasis Life Skill (1 st). Wahid Hasyim University Press.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
AS. (2022, November 4). Kegiatan wawancara dengan Kepala Madrasah [Komunikasi pribadi].
Craig, J. (2012). 6 Steps to Implement 21st Century Skills. 16.
Desmawati, L., Suminar, T., & Budiartati, E. (2020). PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI KOTA SEMARANG. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.968
Dewey, J. (1997a). Experience And Education. Simon & Schuster.
Dewey, J. (1997b). Experience And Education. Simon & Schuster Inc.
Dewey, J. (2001). Democracy And Education. A Penn State Electronic Classics Series Publication.
Diah Rusmala Dewi. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI TUNTUTAN ABAD KE-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123
Dworkin, M. S. (1959). Dewey on Education. 167.
Efferi, A. (2017). PENGEMBANGAN LIFE SKILL SISWA MADRASAH MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERKEBUN. 12(1), 24.
FF. (2022, November 16). Kegiatan Ektstrakurikuler yang diikuti [Komunikasi pribadi].
Gufron, S., & Haris, I. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATUDAA KABUPATEN GORONTALO. 11.
khwan, A. (2020). Metode Penelitian Dasar: Mengenal Model Penelitian dan Sistematikanya. STAI Muhammadiyah Tulungagung.
Ives, R. (2005). Life skills training in schools: Manual. Council of Europe Pompidou Group.
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/unduhan/
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia h.
Lestari, R. N., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analsisi Kebijakan Pendidikan Karakter pada Sekolah dan Madrasah. 5, 7.
Maemonah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah atau Madrasah. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7 No. 1.
Ma’mur Asmani, J. (2009). Sekolah life skill, Lulus Siap Kerja. Diva
Press.
Mislaini, M. (2017). PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(02), 88. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v1i02.974
Mizal, B., & Dewi, R. (2021). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN TEAMWORK PEMBELAJARAN DI MAS RUHUL ISLAM ANAK BANGSA, ACEH BESAR. 12.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosda Karya.
Monicha, R. E., Asha, L., Karolina, A., Yanuarti, E., Maryamah, M.,
Mardeli, M., & Soraya, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era Milenial Di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Tadrib, 6(2), 199–214. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5925
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. 3(1), 7.
NA. (2022, November 16). Kegiatan Ekstrakurikuler yang diikuti [Komunikasi pribadi].
NK. (2022, November 16). Kegaiatan Ekstrakurikuler yang di ikuti [Komunikasi pribadi].
Novita, J. B., Asrori, A., & Rusman, R. (2022a). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learningdalam Meningkatkan Keterampilanberfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhamamdiyah 2 Sangkapura. Tadrib, 8(1), 11–34. https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.11232
Novita, J. B., Asrori, A., & Rusman, R. (2022b). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANBERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMAMDIYAH 2 SANGKAPURA. Tadrib, 8(1), 11–34. https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.11232
Nursikin, M. (2016). ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Attarbiyah, 1 No. 02, 32.
Qurotul Aini, F. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU I KLAPAGADING KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS.
Rahmadani, R., Jaenudin, R., & Barlian, I. (2017). Analisis Kecakapan Hidup Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 15 Palembang. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 72–78. https://doi.org/10.30599/jti.v9i2.97
Ramos, G., & Schleicher, A. (2018). PREPARING OUR YOUTH FOR AN INCLUSIVE AND SUSTAINABLE WORLD: The OECD PISA global competence framework. Directorate for Education and Skills OECD.
Rohmanasari, R., Ma’mun, A., & Muhtar, T. (2019). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perkembangan Life Skills Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 371–382. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15009
Samuelsson, J., Gericke, N., Olin-Scheller, C., & Melin, Å. (2021). Practice before policy? Unpacking the black box of progressive teaching in Swedish secondary schools. Journal of Curriculum Studies, 53(4), 482–499. https://doi.org/10.1080/00220272.2021.1881166
Sari Siregar, R., Iskandar, K., & Novita Sari, I. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Septiani, I., & Wiyono, B. B. (2012). MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH. 15.
Shaumi, A. N. (2015). PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD/MI. 2, 13.
Subarkah, E., Kartowagiran, B., Sumarno, S., Hamdi*, S., &
Rahim, A. (2022). The Development of Life Skill Education Evaluation Model at Life Skill Training Centre. International Journal of Educational Methodology, 8(2), 363–375. https://doi.org/10.12973/ijem.8.2.363
Sudirman, S. (2021). The Implementation Of Learning Management In Improving The Quality Of Islamic Education For Students At MTSN 2 Langkat. Jurnal Tarbiyah, 28(2), 33. https://doi.org/10.30829/tar.v28i2.1110
TA. (2022, November 16). Kegiatan Ektstrakurikuer yang diikuti [Komunikasi pribadi].
Thu Le Thi Tran , Huong Dieu Nguyen, & Ai Nhan Thi Nguyen. (2021). Correlations between Living Values and Life Skills of Secondary School Students in Vietnam. European Journal of Contemporary Education, 10(1). https://doi.org/10.13187/ejced.2021.1.148
W. Pellegrino, J., & L. Hilto, M. (2012). Education For Life And Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21 st Century. The National Academies Press.
Wahyuni, S., & Indrasari, D. Y. (2017). Implementasi Pendidikan Life Skill di SMK Negeri 1 Bondowoso. Jurnal Edukasi, 4(1), 24. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5086
WHO. (1997). Life Skills Education in Schools. Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse.
Wikipedia. (2019). Daftar Negara menurut Indeks Pembangunan Manusia. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_Indeks_Pembangunan_Manusia
YA. (2022, November 16). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler [Komunikasi pribadi].
Yuliwulandana, N. (2017). PENGEMBANGAN MUATAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Jurnal Tarbawiyah, 15.
Zelyurt, H., & Göktürk İnce, F. (2018). The Impact of Peaceful Life Skills Oriented Education Program on Social Adaptation and Skills of Preschool Children. Universal Journal of Educational Research, 6(7), 1519–1525. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060712
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i1.2492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.