PETA ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sehat Sultoni Dalimunthe

Abstract


Peta Ilmu Pendidikan Agama Islam. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, yang dimaksud dengan Pendidikan Agama Islam adalah sejumlah mata pelajaran yang terdiri dari: alQur’an, hadits, akidah, akhlak, fiqh, dan sejarah kebudayaan Islam. Rumpun studi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam itu diajarkan dan dikembangkan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam pelaksanaan kurikulum, paradigma ilmu yang empirik lebih dominan dalam pendidikan dan pengajaran terhadap peserta didik. Paradigma filsafat yang abstak logis dan mistik yang abstrak supralogis tidak terlalu dominan dalam pendidikan dan pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, mengingat tingkat perkembangan dan daya analisis peserta didik belum begitu matang.

Kata Kunci: Peta Ilmu, Pendidikan Agama Islam, Rumpun Studi, Kurikulum


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.