PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA PESANTREN DI KABUPATEN AGAM

Junaidi Junaidi

Abstract


Abstract

Leadership of madrasah headmasters and teacher professionalism are the two things that determine the successful of implementation of school-based management. This study aims at knowing  the effect of headmaster transformational leadership and professionalism of teachers either individually or collectively toward the successful of the implementation of School Based Management in pesantren in Agam District. The formulation of this research problem is whether there is effect of transformational leadership of madrasah headmaster and professionalism of teachers either individually or collectively toward  the successful of implementation of School Based Management at pesantren in Agam Regency. This research is done by using quantitative approach. The population of this study is all teachers of Pesantren Agam Regency, 896 people. The samples were selected by Area sampling technique and Simple random sampling, as many as 227 teachers. Data were collected through a Likert scale model questionnaire with validity and reliability tested. Data analysis using correlation and regression techniques with the help of SPSS version 15 program. The results showed that the transformational leadership of madrasah headmasters and professionalism of teachers both individually and collectively have the affect toward the implementation of School Based Management in pesantren in Kabupaten Agam.


Keywords: Transformational Leadership, Teacher Professionalism, School Based Management

 

Abstrak

Kepemimpinan kepala madrasah dan profesionalisme guru merupakan  dua hal yang menentukan keberhasilan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan  profesionalisme guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama  terhadap keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan  profesionalisme guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama  terhadap keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pesantren Kabupaten Agam berjumlah 896 orang. Sampel dipilih dengan teknik  Area sampling dan Simple random sampling, sebanyak 227 orang guru. Data dikumpulkan melalui angket model skala Likert dengan validitas dan reliabilitasnya sudah diuji. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan bantuan program SPSS versi 15. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan  profesionalisme guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama  berpengaruh  terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam.

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Profesionalisme Guru, Manajemen Berbasis Sekolah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Afriansyah, “Manajemen Berbasis Sekolah”, Artikel, Fisip Administrasi Negara, Universitas Diponegoro, 2005

Amiruddin, S.,Khairuddin, dan Irwan,N. (2006). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Ciputat: Quantum Teaching.

Borko, H., Wolf,S., Simone, G., & Uchiyama, K. (2003). “Schools in Transition:

Daryanto.2001. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.h. 81

Gay, L.R. dan Airasian,P. (2000). Educational Research. (6 th, ed), New Jersey : Prentice-Hill. Inc.

Hadiyanto.(2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia: Pengantar oleh H.A.R. Tilaar. Jakarta: Rineka Cipta.

IMasrukhin. 2009. Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Wilayah Eks Karesidenan Pati. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa.(2004). Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategi, dan Implikasi. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Mulyasa. E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah , Jakarta:Rosda

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah . Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Sagala. Syaiful, (2005). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Strategi memenangkan persaingan mutu. Malang: Nimas Multima.

Suparno Paul, dkk, 2002, Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi, Yokyakarta: Kanisius.

The word Bank. (1998). Education in Indonesia : From Crisis to Recovery. World Bank: Education Sector Unit East Asia and Pasific regional Office.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.