PEMBERDAYAAN MADRASAH DAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT

Moh. Miftachul Choiri

Abstract


Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam mempunyai karakteristik yang unik. Mayoritas madrasah lahir dari prakarsa masyarakat di mana madrasah tersebut lahir. Karena dilahirkan dari masyarakat maka kualitas madrasah menjadi beragam. Madrasah yang didukung oleh masyarakat yang secara sosio-ekonomi dan cultural memadai, maka dapat berkembang dengan baik. Sebaliknya madrasah yang tidak didukung oleh masyarakat yang mempunyai modal sosial yang kuat akan mengalami masalah. Oleh sebab itu, menjadi penting
untuk mencari alternatif, bagaimana agar mayoritas madrasah yang lahir dari masyarakat yang secara sosial-ekonomi kurang memadai dapat tumbuh berkembang dengan baik, sehingga mutu pendidikannya dapat memenuhi keinginan masyarakat pengguna jasa layanan pendidikan. Maka dari itu, pemberdayaan madrasah sangat diperlukan, terutama dalam mengelola sumberdaya manusia yang tersedia dan sumber daya yang ada di sekitarnya.

Kata kunci; madrasah, pemberdayaan dan pendidikan berbasis masyarakat


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.