PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HUMANISME-PANCASILA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abbagnano, Nicola, “Humanism”, dalam Paul Edward, (eds), The Encyclopedia of Philosophy, jil. III, (New York: Macmillan, 1972).
Al-Zarnuji, Ta’li>m al-Muta’allim: T}ari>qah al-Ta’allum, (Semarang: Toha Putra, t.t.).
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Moderasi menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).
Barnadib, Imam, Ke Arah Perspektif Baru Pendidikan, (Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988), hlm. 104.
Bayrakli, Bayraktar, Prinsip dan Metode Pendidikan Islam: Sebuah Paradigma Baru Pendidikan yang Memanusiakan Manusia, terj. & ed. Suharsono, (Jakarta: Inisiasi Press, 2004).
Boisard, Marcel A., Humanisme dalam Islam, terj. M. Rasjidi, (Jakarta: Bulan Bintang, 1980).
Djohar, “Pendidikan yang Membebaskan untuk Konstruksi Masyarakat Madani”, dalam Widodo Usman (ed.), Membongkar Mitos Masyarakat Madani, (Yogykarta: Pustaka Pelajar, 2000).
Effendy, Bahtiar, “Islam and The State in The Indonesian Experience”, Islam and Civilisational Renewal, vol. 2 No. 1 (Oct 2010).
Fakih, Mansour, Antonius M. Indrianto dan Eko Prasetyo, Meegakkan Keadilan dan Kemanusiaan: Pegangan untuk Membangun Gerakan Hak Asasi Manusia, (Yogyakarta: Insist Press, 2003).
Fullan, Michael, The New Meaning of Educational Change, (New York: Teachers College Press, 2001).
Hassan, Fuad, “Pendidikan adalah Pembudayaan”, dalam Tony D. Widiastono (ed.), Pendidikan Manusia Indonesia, (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004).
Husain, Syed Sajjad dan Syed Ali Ashraf, Krisis Pendidikan Islam, ed. & terj. Rahmani Astuti, (Bandung: Risalah, 1986).
Iqbal, Muhammad, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, (Lahore: Asyraf Publication, 1971).
Kraemer, Joel L., Humanism in the Renaissance of Islam: The Cultural Revival during the Buyid Age (Leiden: E.J. Brill, 1986).
Madjid, Nurcholish, “Kedaulatan Rakyat: Prinsip Kemanusiaan dan Musyawaah dalam Masyarakat Madani”, dalam Widodo Usman (ed.), Membongkar Mitos Masyarakat Madani, (Yogykarta: Pustaka Pelajar, 2000).
------, “The Islamic Concept of Man and Its Implications for the Muslims’ Appreciation of the Civil and Political Right”, Seminar on Enriching the Universalities of Human Rights: Islamic Perspectives on the Universal Declaration of Human Right (Geneva, 9-10 November 1998).
Mah}ju>b, ‘Abba>s, Us}u>l al-Fikr al-Tarbawi>y fi> al-Isla>m, (Beirut: Da>r al-Fikr, 1987).
Mastuhu, Memperdayakan Sisem Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos, 1999).
------, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, (Yogyakarta: Safiria Insani Press-Magiter Studi Islam UII, 2003).
Melina Budianta, “Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural: Sebuah Gambaran Umum”, dalam Burhanuddin (ed.), Mencari Akar Kultural Civil Society di Indonesia, (Ciputat: Indonesian Insitute for Civil Sociey-INCIS, 2003)..
Moussa, Muhammad Youseef, Islam and Humanity’s Need of It, (Cairo: The Supreme Council for Islamic Affairs, 1379 H).
Mulkhan, Abdul Munir Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, ed. Romiyatun, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002).
Muthahhari, Murtadha, Perspektif al-Qur'an tentang Manusia dan Agama, terj. dan ed. Haidar Bagir, (Bandung: Mizan, 1984).
Nasr, Seyyed Hossein, The Heart of Islam: Enduring Values for Humanity (San Fransisco: Harper, 2002).
Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Logos, 2001).
Rahman, Fazlur, Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, (Chicago-London: The University of Chicago Press, 1982).
Rahman, Musthafa, Humanisasi Pendidikan Islam: Plus-Minus Sistem Pendidikan Pesantren, (Semarang: WalisongoPress, 2011).
Ramstedt, Martin, “Pancasila”, Karen Christensen and David Levinson (ed), Encyclopedia of Modern Asia, (New York: Charles Scribner's Sons, 2002).
Sastrapratedja, M., “Apa dan Siapakah Manusia?”, dalam Tony D. Widiastono (ed.), Pendidikan Manusia Indonesia, (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004).
Sharif, M.M. (ed.), A History of Muslim Philosophy: With Short Accounts of Other Disciplines and the Modern Renaissnce in Muslims Lands, (Germany: Otto Harraso witz-Wiesbaden, 1966).
Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, (Jakarta: Paramadina & Logos, 2003).
Sudarwan Danim, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).
Suyanto dan Djihad Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, (Yogyakarta: Adicita, 2000).
Suyata, “Upaya Pembenahan Pendidikan Islam Lewat Peneataan Kembali Pemikiran dan Penerapannya”, dalam Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif al-Qur'an, (Yogykarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY, 1999).
Syari’ati, Ali, Humanisme: antara Islam dan Mazhab Barat, terj. Afif Muhammad, cet. 2, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1996).
T. Danny “Pendekatan Humanistik, Perspektif dalam Peningkatan SDM” dalam Kedaulatan Rakyat, (Kamis, 26 Juli 2001.
Tilaar, H.A.R., Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, (Jakarta: Grasindo, 2004).
------, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).
------, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan dalam Perspektif Abad 21, (Magelang: Tera Indonesia, 1998).
Undang-Uundang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Pembukaan.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yelon, Stephen L. dan Grace W. Weinstein, A Teacher’s World: Psychology in the Classroom, (London: McGraw-Hill International Book Company, 1977).
Zamroni, Pendidikan untuk Demokrasi: Tantangan Menuju Civil Society, Yogyakarta: Bigraf, 2001.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i1.129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.