PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF ESTEEM DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI KOTA BIMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Firmansyah, Muhammad Arie. (2017). “Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55-68.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogakarta: Insan Madani.
Hevriansyah, Prana. dan Priarti Megawanti. (2016). “Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 2(1), 37-44
Legeron, P. (1987). Self esteem. Soins. Psychiatrie, 13(79), 25-31.
Munahefi, Kartono, dan Sugianto. (2015). “Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika UJMER, 4(2), 66-75.
Naga, Dali S. (2012). Teori Skor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT. Nagarani Citrayasa.
Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4 (1), 16.
https://doi.org/10.29210/120182133
Ruseffendi,E.T (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengem-bangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamesia Grup.
Sariningsih Ratna, Purwasih Ratni. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, Hal. 163. Maret 2017.
Seruni. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(1), 35-42.
Setyorini U., Sukiswo S. E., Subali B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rine
Subekti F. E., Jazuli Ahmad. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Verdianingsih, E. (2018). Self esteem dalam pembelajaran matematika. Jurnal EDUSCOPE.
Wardani E P, Yunarti T. 2015. Meningkatkan Self-Esteem dan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Berbasis masalah. Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UNY 2015.
Zulkarnain, Ihwan dan Hadi Budiman. (2019). “Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Research and Development Journal of Education, 6(1), 18-27.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v29i1.1272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.