THE IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING POLICY DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT DHARMAWANGSA UNIVERSITY
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. Kurniawati, dkk. 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 2, Nomor 2.
Abdul Majid. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Ali Sadikin. 2020. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 06, No. 02 (2020), Hal. 214 – 224 218
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: Jonh Willey & Sons.
Annur, M. F. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 195–201.
Apriansyah, Sambowo, & Maulana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII (7/I), 6.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Model Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Volume 8, Nomor 2.
Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI Model Sistem Pembelajaran Blended, Panduan Merancang Mata Kuliah Daring, SPADA Indonesia.
Dailami. (2020). Jurnal Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan IPS.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.
Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Effendi, Empy dan Hartono Zhuang. 2005. e-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Implementasi Manajemen Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pamdemic Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19. VI, 1–9.
Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia", 40(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101.
Harjanto. (2020). Tantangan dan Peluang Pembelajaran dalam Jaringan Studi Kasus Implementasi E-lok. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Haerul, Haedar Akib dan Hamdan. 2016. Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (MTR) di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Volume 6, Nomor 2.
Herliandry, Enjelina, & Kuswanto. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1). Retrieved from https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SDN Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66 diakses pada 24 Agustus 2020.
Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud, D. G. (2016). Petunjuk Teknis Program Peningkatan Guru Pembelajar Muda dalam Jaringan.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.
Mamud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika Journal. uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364 6 diakses pada 23 Agustus 2020. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61
Ningsih, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Oktavian, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B. Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). 6(1), 214–224.
Simatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan, P. Indonesia, K. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana.
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373
Sudarsana, I. K., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Perspektif Pendidikan. Denpasar: Katalog Dalam Terbitan.
Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Taufik, A. (2015). Konsep dan Panduan Untuk Penelitian Sikap Kepribadian dan Perilaku. Jakarta: Kencana.
Uno, H.B, (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.
Wahyu Aji Fatma Dewi1 Universitas Kristen Satya
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yunus, N. R., Rezki, A., Nabi, K., Saw, M., Wabah, M., & Menular, P. (n.d.). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19?
Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulung Agung Dengan Adanya Kebijakan Phisical Distancing Era Pandemi Covid-19Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulung Agung Dengan Adanya Kebijakan Phisical Distancing Era Pandemi Covid-19. (2020). 8, 83–89.
Zhafira SM. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. 4, 37–45. http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=9567/1/SKRIPSI%20TIARA%20CI
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v28i2.1139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.