Metode Bercerita Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang

Nurmawati Nurmawati, Selviana Sari, Nun Zairina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang. Penelitian ini berjenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uj-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ada pengaruh metode bercerita terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun; ada pengaruh metode tanya jawab terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun; dan ada perbedaan pengaruh antara metode bercerita dengan metode tanya jawab terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru RA/ TK/ sederajat untuk mengkombinasikan pembelajaran dengan beberapa metode yang efektif dalam pencapaian tujuan pembelajaran, diantaranya dengan menerapkan metode bercerita untuk mempengaruhi interaksi sosial anak.

Full Text:

PDF

References


Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Lilis, M. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Maisarah. (2019). Statistik Pendidikan. In Akasha Sakti: Medan.

Sariati, N. P. A. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B Pada Taman Kanak-Kanak di Gugus IV. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Ganesha, 6(3).

Soerjono, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syahrum, & Salim. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media Perintis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.