PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL SIFAT-SIFAT AIR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MARYAM SEI RAMPAH

Husnia Rahmah, Yusnaili Budianti, Fauziah Nasution

Abstract


Upaya pengenalan tentang sifat-sifat air hendaknya dilakukan sejak usia dini dengan kegiatan yang menyenangkan dan melalui metode eksperimen agar anak mengalami proses sains secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan kognitif mengenal sifat-sifat air sebelum diterapkan metode eksperimen, 2) kemampuan kognitif mengenal sifat-sifat air sesudah diterapkan metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun di RA Maryam Sei Rampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I yaitu dengan menggunakan metode eksperimen diperoleh dari 15 anak yang diteliti terdapat 9 (60%) anak yang berkembang sesuai harapan dan 2 (13,33%) anak yang berkembang sangat baik. Karena belum mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan maka perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang sangat signifikan terdapat 10 (66,67%) anak yang berkembang sesuai harapan dan 5 (33,33%) anak yang berkembang sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iswadi. (2017). Teori Belajar. Bogor: In Media.

Jihad, S. d. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.

Murtadlo, Z. A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutoria Nurani Sejahtera.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nurhakim, T. F. (2011). ZAT Mengungkap Rahasia di Balik Perubahan Wujud Benda. Jakarta Timur: Bestari Buana Murni.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera.

Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Sitorus, A. &. (2016). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membina Sumber Daya Manusia Berkarakter. Medan: Perdana Publishing.

Suyanto, S. (2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v7i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.