Pengaruh Lingkungan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Terhadap Perkembangan Bahasa di RA Al-Hanif

Halimatu Syahdia, Khadijah Khadijah

Abstract


Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan aspek penting yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah lingkungan belajar. Namun, masih banyak satuan PAUD yang belum mengoptimalkan lingkungan belajar sebagai stimulus untuk perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5–6 tahun di RA Al-Hanif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-eksperimen (One Group Pretes-Postes Design) menggunakan desain One Group Pretes-Postes. Sampel penelitian berjumlah 9 anak kelompok B yang bersekolah di RA Al-Hanif, Deli Serdang, Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi perkembangan bahasa yang mencakup aspek kemampuan berbicara dan komunikasi. Teknik analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang dirancang secara aktif dan kondusif dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak secara signifikan. Oleh karena itu, guru dan orang tua disarankan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kaya akan rangsangan bahasa guna mendukung perkembangan optimal anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Agustina Elly, Suryatik, Azhar, J. (2024). Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal. Jurnal Tarbiyah Bil Qalam, 8, 36–45.

Andriany, L. (2017). Pengaruh Stimuli Terhadap Pemerolehan. Universitas Islam Sumatera Utara, 12.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal Of Education Research, 4(1), 87–96. Https://Doi.Org/10.36654/Educatif.V4i1.202

Atikah, Y., & Depalina, S. (2025). Pengaruh Lingkungan Terhadap Pengembangan Bahasa Pada Anak.

Devianty, R. (2016). Pemerolehan Bahasa Dan Gangguan Bahasa Pada Anak Usia Batita. Raudhah, 4, 1–10.

Elihami Elihami, E. E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2).

Haryati. (2024). Peran Lingkungan Dalam Pengembangan Bahasa Aud. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6.

Hasibuan, A. A. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 1–20.

Istanti, E., Fauziah, D. N., Syafrida, R., & Karawang, U. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 205–218. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V2i2.5035

Jailani, M. S. (2018). Perkembangan Bahasa Anak Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Innovatio: Journal For Religious Innovation Studies, 18(1), 15–26. Https://Doi.Org/10.30631/Innovatio.V18i1.36

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Cetakan Pe). Perdana Publising. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Pengembangan_Kognitif_Anak_Usia_Dini_Teo/Xjj_Dwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1

Kholilullah, Hamdan, H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Japra, 3.

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26. Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Article/View/277

Mandasari, M., Nabila, R. R., Jannah, Z. N., & As’ari, R. (2024). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik Di Sma Negeri 8 Tasikmalaya. El-Jughrafiyah, 4(1), 39. Https://Doi.Org/10.24014/Jej.V4i1.26401

Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 241. Https://Doi.Org/10.17509/Pdgia.V15i3.11020

Munika, M., Juwita, R. P., & Hayati, Z. (2024). Penerapan Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Raudhah, 12(1), 49–56.

Nurainun, M. F. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol.3, No., 68–78. Https://Doi.Org/10.51192/Almubin.V1i1.87

Oktaviani Maya, W. A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8, 153–163.

Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. Https://Doi.Org/10.52266/Pelangi.V4i1.821

Sonjaya, P., Sianipar, H. H., & Siahaan, T. M. (2024). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 4 Kaur. Jurnal Ilmiah Nusantara ( Jinu, 1, 82–91. Https://Doi.Org/10.37676/Mude.V2i4.5082

Sudirman, R., & Utina, S. S. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Pengelolaan Lingkungan Belajar Paud Di Tk Sinar Jaya Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. 02(02), 179–198. Https://Ejournal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Eciej/Article/View/233

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain Vs Stacking. In Surya Cahya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.