Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Kegiatan Coding Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang tepat. Fokus utama penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah tersebut melalui kegiatan coding tanpa komputer, dengan pendekatan berbasis bentuk dan warna sebagai kode. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan di TK Sun Jaya. Subjek penelitian terdiri dari 13 anak kelompok B, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Instrumen yang digunakan mencakup tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase ketercapaian dan refleksi setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari 41% pada pra-siklus menjadi 86% pada siklus I, dan 91% pada siklus II, yang membuktikan efektivitas aktivitas coding dalam meningkatkan keterampilan tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, R., & Syamsudin, A. (2019). Authentic Assessment Model in Problem Solving Learning for Kindergarten. 330(Iceri 2018), 265–271. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.56
Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Penelitian Tindakan Kelas. In SURYANI (Ed.), Bumi Aksara.
Çarkıt, C., & Özenç, M. (2021). Assessment of 4th Grade Students’ Problem-Solving Skills in Terms of Various Variables. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 16(2), 313–329. https://doi.org/10.29329/epasr.2020.345.14
Daulay Lily Sardiani, Dkk. (2023) Literasi Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak Di Era Digital. Raudhah. Vol. 11 No. 1, 26-31
Dwi Siska, & Ma’mun Hanif. (2024). Peran Teman Sebaya dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah Mahasiswa Semester 3 PAI UIN Gusdur. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 53–62. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1733
Elyasari Siti. (2023). Keefektifan Metode Modelling Simbolik Berbantu Media Wayang Kartun Profesi Terhadap Kemampuan Berbahasa Dan Keterampilan Bercerita. Raudhah. Vol. 11 No. 2. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Firmansyah, A., & Efendi, M. Y. (2024). Meningkatkan Program Ekstrakurikuler Coding Menggunakan Aplikasi Java untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah SMP Dharma Karya UT. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 2471–2478.
Fitrianti. (2016). sukses profesi guru dengan penelitian tindakan kelas. deepublish.
Hasbi, M., Nugraha, A., Mudarwan, Mumpuni, N. D., Warsito, I. H., & Sylvia, N. (2020). Penerapan Penilaian Pembelajaran dalam Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. Modul 4.
Hollenstein, L., Thurnheer, S., & Vogt, F. (2022). Problem solving and Digital Transformation: Acquiring Skills through Pretend Play in Kindergarten. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020092
Indra Nanda, dkk. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. In adirasa hadi prasetyo (Ed.), Jurnal Ilmu Pendidikan (I, Vol. 7, Issue 2). CV. Adanu abimata.
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Mardison Safri. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Safri. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 1–11. http://www.helpa-prometheus.gr/διαγνωστικές-εξετάσεις-για-τον-καρκί/
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Mirza Rina. (2017). Memaksimalkan Waktu Senggang Dengan Bermain Bersama Anak Guna Meningkatkan Kepedulian Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah. Vol. V No. 1
Musfiati, F. D. (2023). Pengaruh Unplugged Coding dalam Meningkatkan Kemampuan Problem solving Anak Usia 6-7 Tahun di BA Aisyiyah Pagentan. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 91–95. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.888
Nursafitri, S., Silfiyana, Huda Faiqul, M., & Solina, A. (2021). Problematika dalam Penerapan Media Pembelajaran yang Berlaku di MI/SD. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 793–808. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-793-
Purba, P. B., Mawati, A. T., Kuswandi, J. S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniwati, I., & Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian: Vol. VI (Issue 1).
Puspitasari Anisa, Dkk. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. Raudhah. Vol.11 No. 1. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Rahmawati, I., & Kurniati, E. (2020). Implementation Of Unplugged Coding In Playdate. Jurnal UPI Research in Early Childhood Education and Parenting, November, 55–64.
Rohani, S.Ag, M. P. (2016). Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain. RAUDHAH, Vol.IV(2).
Sakti, B. P. (2025). Pembelajaran Coding di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 62–68. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i1.326
Setya, E., Prasasty, A., K, A. N., Erisaputri, B., Kurniawan, T., Agustine, M. N., & Setiawan, K. D. (2024). Serunya Bermain Tanpa Teknologi The Fun Of Playing Without Technology. 4(2), 152–160.
Somuncu, B., & Aslan, D. (2022). Effect of coding activities on preschool children’s mathematical reasoning skills. Education and Information Technologies, 27(1), 877–890. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10618-9
Sopiah, N. S., Mulyadi, S., & Loita, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Steam Melalui Permainan Coding Robotik dalam Melatih Problem-Solving Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 6(2), 113–134.
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 1–12.
Wijaya, H., Amir, A., Riyanti, D., Claudia Setiana, S., & Sari Somakila, R. (2023). Siklus Kemmis dan McTaggart. September, 1–122.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4598
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.