Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Status Gizi pada Anak Usia Dini di Desa Hasahatan Julu

Indah Khairani Hasibuan, Khadijah Khadijah

Abstract


Status gizi pada anak usia dini menjadi salah satu indikator utama dalam menilai kualitas perkembangan dan pertumbuhan anak. Anak umur 1-60 bulan termasuk umur yang dipentingkan dalam tumbuh kembang sumber daya manusia dalam hal pertumbuhan fisik dan kecerdasan. Status sosial ekonomi keluarga memiliki peran penting dalam menentukan status gizi anak. Faktor sosial ekonomi yang juga berhubungan status gizi dilihat dari tingkat pendidikan yang berdampak pada jenis pekerjaan. Riset ini bertujuan melihat apakah ada hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan status gizi anak usia dini di Desa Hasahatan Julu. Riset ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan (cross-sectional). Populasi didalam penelitian ini yaitu seluruh anak-anak usia 1-5 tahun dengan sampel 100 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan orang tua agar mengetahui kondisi sosial ekonomi keluarga, dan melalui pengukuran antropometri untuk mengetahui status gizi anak. Analisis data dilakukan dengan mengunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Metode analisis data yang dipakai meliputi analisis univariat serta bivariat. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai p<α, artinya adanya hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dan status gizi pada anak usia dini di Desa Hasahatan Julu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya hubungan status sosial ekonomi keluarga pada status gizi anak.


Full Text:

PDF

References


Agus, Z. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 27–42. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.46

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Aziza, N. A., & Mil, S. (2021). Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Status Gizi Anak Usia 4-5 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 109–120. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-01

Creswell, J. (2019). OK-Creswell_1.pdf.

Daulay, L. S., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak di Era Digital. Jurnal Raudhah, 11(1), 25–37. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2767

Ellyani Abadi, Siti Hadrayanti Ananda H, H. I. M. (2022). Penilaian Status Gizi Mandiri pada Balita di Kelurahan Mokoau Kota Kendari. Karya Kesehatan JOurnal of Community Engagement, 03(01), 13–18.

Fachrurrazi, A., & Affrida, E. N. (2023). Implementasi Kegiatan Berbasis Literasi Kesehatan Pada Pembelajaran Tatap Muka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Raudhah, 11(1), 17–24. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2727

Fajriani,Evawany, Z. (2020). Pengetahuan, Hubungan Gizi, Tindakan Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 1–11.

M. A, K., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5–20. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/69157/3/BAB II.pdf

Margarita Harvin Dwi Oktaviani, Agustina Sri Oktri Hastuti, & Christina Ririn Widianti. (2022). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Pada Balita. I Care Jurnal Keperawatan STIKes Panti Rapih, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.46668/jurkes.v3i1.161

Nancy LS. (2021). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Status Gizi Balita Di Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget Kota Manado. Klabat Journal of Nursing, 3(1), 2685–7154.

Natassia, K. (2022). Pengaruh Sosial Ekonomi terhadap Status Gizi Kurang pada Balita di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Pratama Medika: Jurnal Kesehatan, 01(01), 34–50.

Ramlah, U. (2021). Gangguan Kesehatan Pada Anak Usia Dini Akibat Kekurangan Gizi Dan Upaya Pencegahannya. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 12–25.

Sama’, Wahyuni, A., Anggraeni, anastasia dewi, Tonasih, Yoniartini, desak made, Sofiana, S., & Ismarianti. (2021). Psikologi Pendidikan. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini (Vol. 58).

Sarwono, A. E., & Handayani, A. (2021). Metode Kuantitatif. In Metode Kuantitatif.

Sumiatun, Koesmadi, D. P., & Wijayanti, A. (2021). Peningkatan Gizi Seimbang Melalui Kegiatan Kreasi Makanan. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 178–183. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1305




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.