Pengembangan Media Pembelajaran Tree Family Dalam Meningkatkan Adab Dan Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Rahmatul Iman II

widya sari nasution, Khadijah Khadijah

Abstract


Media pembelajaran memainkan peran penting dalam proses pembelajaran anak, karena sebagai alat bantu dalam mendapatkan informasi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini media tree family yang bertujuan untuk mengembangkan adab dan sopan santun pada anak usia 5-6 tahun sehingga dapat menyenangkan anak dalam belajar. Media yang dihasilkan mencakup 3 bagian yaitu pohon silsilah keluarga, teka-teki silsilah keluarga dan 4 kata sapaan santun santun. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tree family memperoleh penilaian dari ahli media dan ahli materi mendapatkan kriteria “layak” digunakan untuk pembelajaran adab dan sopan santun anak usia 5-6 Tahun.

Full Text:

PDF

References


Aisyah. 2020. “Pendidikan Karakter Untuk Perkembangan Moral Anak Usia Dini.” Fpp, Aisyah Pg-Paud Pgri, Universitas Buana, Adi 05 (02): 77–84. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.528.

Halida, dkk. 2014. “Kebiasaan Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk.” Anak, Pada Tahun, Usia Tk, D I, 1–14.

Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. 1st ed. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah and Nurul Zahraini. 2014. “Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5–20. http://eprints.ums.ac.id/69157/3/BAB II.pdf.

Khaironi, Mulianah, and Nuradiyah Yuliastri. 2017. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini” 1 (1): 1–15.

Maharani, Laila. 2015. “Perkembangan Moral Pada Anak.” Bimbingan, Jurnal Tarbiyah, Dosen Fakultas Raden, Iain Lampung, Intan Kunci, Kata 01 (2): 93–98.

Marisa Deva. 2016. “Penerapan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Media Macca,” 95–104.

Menia Sakti. 2023. “Upaya Guru Dalammengenalkan Adab Sopan Santun Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk It Hafizul Ilmi Aceh Besar.”

Mukarromah, Tsali Tsatul, Ruli Hafidah, and Novita Eka Nurjanah. 2021. “Pengasuhan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Abstrak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kultur 5 (1): 395–403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550.

Rachmawati, Fanny Risanti, and Heri Yusuf Muslihin. 2022. “Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga” 6 (2): 175–81.

Sit, Masganti, Khadijah, Fauziah Nasution, Sri Wahyuni, Rohani, Nurhayani, Ahmad Syukri Sitorus, and Raisah Armayanti. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori Dan Praktik. Perdana Publishing.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Syawaluddin, Ahmad. 2022. Media Pembelajaran.

Talango, Sitti Rahmawati. 2020. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini” 01 (01): 93–107.

Yudi Hari Rayanto dan Sugianti. 2020. “‘Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2.’” Pasuruan: Lembaga Acszademic & Research Institute.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.