Kaulinan Barudak Sunda dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air

Sindi Nurhasanah, Agus Ruswandi, Susan Maulani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kaulinan Barudak Sunda dalam membangun karakter cinta tanah air pada anak usia dini di TK Islam Al-Muhajir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas B, dan peserta didik kelompok B di TK Islam Al-Muhajir, Buah Batu, Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kaulinan Barudak Sunda dapat menjadi sarana efektif dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada anak dengan cara yang menyenangkan. Melalui permainan tradisional ini, anak-anak dapat mengenal budaya lokalnya sendiri, meningkatkan keterampilan berbahasa Sunda, serta mengaktualisasikan nilai-nilai budaya yang diwariskan secara turun-temurun. Selain itu, Kaulinan Barudak Sunda juga memberikan berbagai manfaat bagi perkembangan anak, terutama dalam aspek fisik motorik, kognitif, sosial-emosional, serta seni dan kreativitas. Dengan demikian, implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran di TK menjadi strategi yang relevan untuk menanamkan nilai-nilai karakter sekaligus mendukung tumbuh kembang anak secara holistik

Full Text:

PDF

References


Amalia, S., Rofifah, U., & Fuadah, A. Z. (2020). Menampilkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 68–75. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.109

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17467/10490

Daud, D., & Triadi, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jor. Eva. Edu, 2(4), 134–139. https://doi.org/10.37251/jee.v2i4.239

Dermawan, W., Purnama, C., & Mahyudin, E. (2020). Penguatan “Kaulinan Barudak Sunda” sebagai permainan tradisional. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jppm.v7i1.28798

Devianti, R., Lia Sari, S., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Dewi, E. S., Darnowo, & Kusmayadi, Y. (2019). Diktat penanaman cinta tanah air pada anak usia dini. Jawa Barat: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.

Dilanisa. (2011). Mengenal Permainan Tradisional. Bandung: Mawar Putra Perdana.

Elizabeth B. Hurlock. (1978). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi. (2018). Pengembangan Karakter Anak di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 163–186.

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 2–2.

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48–59. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/5594

Lexy J. Moloeng. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Maksum, D. (2018). HUBUNGAN PEMAHAMAN NKRI DAN KESADARAN AKAN KERAGAMAN BUDAYA LOKAL DENGAN SIKAP CINTA TANAH AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS VI KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN BOGOR. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2).

Meidi, S., Yuhasriati, Rosmiati, Israwati, Rahmi, Mandira, G., & Nessa, R. (2022). Pengembangan Media Papan Monopoli Untuk Pembentukan Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 7(1), 19–29. Retrieved from https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/22480

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12–22. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud(Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/142

Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab dan Cinta Tanah Air. Bandung: Nusa Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=wqxuEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pentingnya+cinta+tanah+air+anak+usia+dini&ots=eb2XLMc5JE&sig=cnXpc6AKANz-gLILlGA5pkjxpt8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Novitasari. (2018). PERAN SEKOLAH INDONESIA SINGAPURA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA (Thesis (S2)). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nuryani, H., Hutagalung, B., Purwaningsih, W., & Mustadi, A. (2020). Implementasi Karakter Cinta Tanah Air Pada Kesenian Tradisional Jawa Indonesia. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 75–86. https://doi.org/10.21009/JPD.011.08

Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An Academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-2

Pratiwi, W. (2017). KONSEP BERMAIN PADA ANAK USIA DINI. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–108.

Puspitasari, S. (2021). Pentingnya Realisasi Bela Negara Terhadap Generasi Muda Sebagai Bentuk Cinta Tanah Air. Retrieved from www.kompas.com

Renck Jalongo, M. (2007). Early childhood language arts. New York: Pearson Education, inc.

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan (15th ed.). Jakarta: RajaGrafindo. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=498690

Utami, N. I., Kurnia, I., Octafiana, L., Mursyidah, H., & Surabaya, U. M. (2018). ENGKLEK GEOMETRI: UPAYA PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL MELALUI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) (Vol. 6).

Angrosino, M. (2007). Doing ethnographic and observational research. Sage.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (1996). Handbook of qualitative research. Journal of Leisure Research, 28(2), 132.

Miles, M. B., Huberman, Michael, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third edit). SAGE Publications Inc.

Patton, M. Q. (2014). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v%25vi%25i.4316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.