Implementasi Program Jemput Murid di Pintu Gerbang Setiap Pagi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Murid Pada TK Kuncup Mekar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan murid sebelum diterapkannya program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi dan setelah mengimplementasikan program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi pada TK Kuncup Mekar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Kuncup Mekar Desa Banjareja Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Subjek yang digunakan yaitu semua murid di TK Kuncup Mekar yang berjumlah 30 anak, guru dan orangtua murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, mendisplay data dan menarik simpulan. Sedangkan untuk memastikan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil wawancara guru dan orang tua murid serta observasi langsung, trigulasi teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dan diskusi dengan guru di TK Kuncup Mekar. Hasil penelitian ini yaitu kedisiplinan murid meningkat setelah program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi dilaksanakan, program ini membantu murid lebih mandiri, terjadi interaksi setiap pagi saat guru menyambut murid di gerbang membuat murid merasa lebih nyaman dan aman, suasana sekolah menjadi lebih kondusif, dan dukungan orang tua murid sangat dibutukan dalam pelaksanaan program jemput murid di pintu gerbang setiap pagi pada TK Kuncup Mekar.
Full Text:
PDFReferences
Adinda, W. N., Wahyuni, S., & Majidah, K. (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah, 8(1).
Arzani, M., & Eliyana, E. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Di RA Uswatun Hasanah Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 2(1), 15-26.
Cahyati, N. (2023). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD terhadap Tanggung Jawab dan Disiplin Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 383-389.
Devianty, R., & Sari, Y. (2022). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1).
Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. A. (2022). Konsep perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1).
Hayatinnufus, D. (2023). Peran guru dalam pembelajaran project based learning pada profil pelajar Pancasila di TK Islam Al-Amanah, Jakarta Utara. Jurnal Raudhah, 11(2), 144-153.
Hidayat, Y., Kuncoro, A., Tunajijah, U., Muhimah, L., & Susiyani, N. N. (2025). Strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini di satuan PAUD sejenis Kawasen. Jurnal Intisabi, 2(2), 162-175.
Husnullail, M., & Jailani, M. S. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Riset Ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 70-78.
Jazilurrahman, J., Fajri, Z., & Toyyibah, M. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Badrul Maula. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 53-64.
Kartina, S., & Rahayu, E. P. (2023). Upaya meningkatkan perilaku disiplin anak Melalui program pembiasaan di Kelompok A PAUD Al-Hamzar. Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini, 1(04), 117-122.
Lubis, H. Z., & Ardilla, N. (2023). Model Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Babarsari. Jurnal Raudhah, 11(2), 171-178.
Maghfiroh, N., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di MI Darul Ulum Lajuk Sidoarjo. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2960-2965.
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif.
Nurma, S., Gandana, G., & Sianturi, R. (2024). Upaya Mengatasi Kedisiplinan Siswa di Lingkungan PAUD: Effective Strategies in Overcoming Student Discipline Problems in Early Childhood Education (PAUD) Environment. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 221-228.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Purba, H. H. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai. Jurnal Raudhah, 10(1).
Puspitasari, A., Fahmi, F., & Maryani, K. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun. Jurnal Raudhah, 11(1).
Rizkina, S., Armanila, A., Yuningsih, A., & Fitri, W. (2022). Guru dan Strategi Penanganan Pada Anak Dengan Masalah Emosional di RA. As-Syafiqah. Jurnal Raudhah, 10(2).
Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif: Manual Atau Dengan Aplikasi?. Develop, 6(1), 33-46.
Rofiq, M. (2024). Pola Perhatian dan Strategi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 8(1), 38-45.
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694.
Sarqawi, A., Ashari, A., Tambunan, R. S. P., Tuzahra, S., & Dhani, Z. N. (2023). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Anak Mengikuti Festival Anak Sholeh di Desa Karang Anyar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10092-10102.
Taib, B., Mahmud, N., Samad, R., Wondal, R., Darmawati, D., & Banapon, S. (2024). Analisis Kemandirian Dan Disiplin Pada Kegiatan Rutin Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 1-7.
Qisthiyah, A., Malika, S. A., Maharani, Z., & Hasanah, L. (2022). Pengenalan klasifikasi menggunakan media bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di RA Ar-Rahmah. Jurnal Raudhah, 10(2).
Yuningsih, T. T., & Sunaryo, I. (2021). Implementation of Reward and Punishment in Forming Discipline Charachter Early Childhood. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(2), 27-38.
Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran lingkungan sosial terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4104
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.