Analisis Permainan Estapet Tisu Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak TK Raudhatul Furqon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan estapet tisu terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak-kanak Raudhatul Furqon dan untuk mengetahui kendala penerapan permainan estapet tisu terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak-kanak Raudhatul Furqon. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu peenlitian kualitatif dengan pendekatan kualitati deskriptif, teknik pengumpulan data meliputi obserasi, wawancara dan dokuemntasi, sedankan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan estapet tisu sesuai dengan langkah-langkah permainan estapet tisu yang benar sehingga dapat mengembangkan perkembangan motorik halus anak dapat dirangsang dengan baik yang meliputi anak dapat meronce, menulis, mewarnai, menyulam, mengancing baju serta memegang pinsil dengan baik. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam pelasanaannya yaitu anak merasa bosan saat mereka diminta untuk bergiliran bermain, permainan tidak akan tuntas jika anak tidak mau mengikuti aturan main, serta anak akan lelah jika melakukan permainan estapet tisu sebab semua panca indera aktif dalam permainan tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, T. S., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 358–368.
Hasmalena, M. R. dan. (2023). Kurikulum pendidikan anak usia dini. Bening Media Publishing.
Khadijah, A. dan. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Lestari, S. D., & Puspitasari, I. (2021). Aktivitas Permainan Estafet Bola Modifikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 752–760. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1024
Nuraeni. (2016). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedogy, 3, 65–73.
Sanenek, A. K., Nurhafizah, N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Analisis
Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1391–1401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4177
Sari, B. R., & Sinaga, S. I. (2020). Pengaruh Bermain Lari Estafet Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk Yaspa Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 178–190. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4183
Sarnawati, S., & Arvyaty, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Keterampilan Melipat Kertas. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(1), 44. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8305
Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. Perkembangan Motorik.
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.4018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.