Tinjauan Beberapa Aplikasi Teknologi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang pesat pada era digital saat ini telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum PAUD yang inovatif dan adaptif terhadap kemajuan IPTEK sangat penting untuk memastikan pembelajaran yang relevan dan efektif. Penelitian ini bertujuan menilai penggunaan konten edukatif di YouTube dalam pembelajaran anak usia dini, mengidentifikasi jenis konten paling efektif, serta mengevaluasi dampak program TV sekolah dan platform Quizizz terhadap perkembangan kognitif, sosial-emosional, dan bahasa anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan kajian pustaka, mengandalkan teori dari satu buku dan dua puluh empat jurnal. Hasil penelitian diharapkan mengungkap strategi efektif dalam mengintegrasikan teknologi dalam kurikulum PAUD, menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif, serta mendukung pengembangan kurikulum inovatif yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, R., Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(01), 92–102. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i01.1363
Anshoriyah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Media Tv Sekolah dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B di RA Amal Shaleh Jember. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 135–144. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i2.73
Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117
Esnirani, & Rahayu, W. (2021). Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6150–6156.
Fitri, A. S., Ratih Kusumawardani, & Hayani, R. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun 1 Anni Saumi Fitri Ratu Amalia Hayani. Jurnal Raudhah, 11(2), 106–115. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Hasbi, Adiarti, R. (2020). Toolkit Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–45.
Hidayati, T., & Budiarti, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Anak Bangsa. Al-Abyadh, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.502
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Nuratilah, A. S., Cahyani, A. P., & Fazrian, M. D. (2022). Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Digital pada Kurikulum Darurat COVID-19. As-Sabiqun, 4(1), 163–175. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1694
Karim, I. K., Juniarti, Y., & Arifin, I. N. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2), 64–72. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2037
Khamidah, A., & Yulia, N. K. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 3(1), 8–17.
Krisnasari, S., Suhermah, D., & Latifah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1730–1734. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.635
Kurniawan, A., & Khasanah, U. (2023). E-Model Berbasis Articulate Storyline Sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Ilmu Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 11(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2866
Lestari, D. S., Aprilianti, R., & Jenurdin. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Anak Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kober Diraasah Al-Qur’anniyyah. JEGE: Jurnal Edukasi Generasi Emas, 1(1), 9–20.
Mahrizki, F., Elfiadi, E., & Sari, D. D. (2022). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Al-Manar Kec. Bukit Kab. Bener Meriah. Jurnal Raudhah, 10(2), 96–105. https://doi.org/ 10.30821/eunoia.v2i1.1348
Maisarah, Lestari, A. L, & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Eunoia, 2(1), 65-75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6097
Maisarah, M., & Prasetya, C. (2023). Pengaruh Media Digital Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Bernalar Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3118–3130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6097
Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684
Nunzairina, Rangkuti, H., & Skd, S. M. (2023). Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22556–22561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10138/8180
Nurfadhillah, M., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1621. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1621-1628.2022
Nurfadlilah, W. A., Rohmah, L., & Munastiwi, E. (2024). Manajemen Strategi Pembelajaran Al- Qur ’ an Metode Ummi Pada Anak 5-6 Tahun ( Studi Kasus Di Qur ’ an Training Centre Al - Mady Yogyakarta ). 12(2), 5–6.
Olda, E. S. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia 8 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3, 7453–7460. https://ejurnal.universitasadzkia.ac.id/index
Purhanudin, M. V., & Nugroho, R. A. A. E. (2021). Musik dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.37368/tonika.v4i1.244
Rahmayanti, B. L., Yuliyanti, Y., Juwariah, S., Watini, S., & Sunhaji, A. (2023). Implementasi Tv Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Digital Yang Aman Bagi Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Al-Hamidiyah Depok. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1732–1741. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i8.339
Rannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 822–828. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485
Resti Retno Sari, Icam Sutisna, & Waode Eti Hardiyanti. (2023). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Student Journal of Early Childhood Education, 3(2), 223–233. https://doi.org/10.37411/sjece.v3i2.2589
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Salehudin, M. (2020). TIDAK DIPAKE TDK COCOKLiterasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.
Sarjani, A. I., Syarfuni, S., & Nasution, A. R. (2023). INTEGRASI MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Buah Hati, 10(2), 109–122. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i2.2304
Srihayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah sebagai Inovasi dalam Pendidikan di RA Darussalam. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 23–30. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2018
Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.3820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.