Analisis Strategi Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Islam Makarima Kartasura

Adinda Dwi Nurcahyanti, Devinda Febria Kusuma, Atiqa Indah Cahyaningtyas, Deva Luvita Sari, Sirikanda Sakulpimolrat

Abstract


Manajemen strategi dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini mencakup perencanaan kurikulum yang sesuai, pelatihan dan pengembangan kompetensi tenaga pendidik, dan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai. Implementasi manajemen strategi yang baik diharapkan dapat menghasilkan lingkungan belajar yang kondusif, yang mampu mendorong siswa untuk eksplorasi, berkreasi, dan mengembangkan potensi secara maksimal. Strategi perkembangan dalam menerapkan manajemen mutu terpadu dalam bidang pendidikan adalah dengan mengubah institusi pendidikan menjadi penyedia layanan, yang bertujuan untuk mencukupi keperluan dan harapan para pelanggan. Tujuannya untuk menganalisis strategi pengembangan mutu Pendidikan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Makarima, dengan focus pada siswa kelas TK B2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptip kualitatif, menggunakan trianggulasi untuk pengumpulan dat. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen strategi pengembangan mutu pendidikan yang baik akan menjamin kemajuan sekolah dalam meraih posisi yang kompettif di Tengah persaingan ketat dalam dunia Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada

Heriawan, I. (2018). Kebijakan Pendidikan Provinsi (SLTA dan SMK) dan Analisis SWOT di Kalimantan Timur. Pendas Mahakam, 3(2), 98–116. https://jurnal.fkip- uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/235.

Hidayat, I., Najah, S., & Samiaji, M., H. (2021). Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 184-192. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1290.

International Journal Of Scientific & Technology Research, 7(7), 113-121

Irmayani, H. et all. (2018). The Strategy Of SD Pusri In Improving Educational Quality.

E. Kurniyati. (2019). Implementasi Konsep Manajemen Mutu Pendidikan Perpsektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1). http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1363.

Lestari, A. S. (2019). Penerapan manajemen strategik dengan analisis SWOT pada SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 1-24.

M. Damai Yanti and Z. Aulia. (2021). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan di MTs Negeri 6 Banjar Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(1), 8-27. https://doi.org/10.18592/moe.v7i1.5436.

Mentari, E. G., & Purwasih, W. (2018). Manajeman Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 91-105.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.965.

Rasmani, U. E. E. et all. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. International Journal Of Community Service Learning, 5(3), 225-233. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.

Rasmani, U. E. E. et all. (2021). Manajemen Soft Skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886-893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584.

Romlah, O. Y., & Latief, S. (2021). Empowering the Quality of School Resources in Improving the Quality of Education. Bulletin of Science Education, 1(1), 27-44. https://attractivejournal.com/index.php/bse/.

Rozalena, Rozalena, and Muhammad Kristiawan. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76-86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155.

Samiaji, M. H., Hidayat, I., & Najah, S. (2021). Manajemen Strategi dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 184-192.

Setyaningsih, D. (2022). Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pedagogika, 24-34.

Suharti. 2018. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1), 51-70. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v2i1.397.

Supadi. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta Timur: UNJ Press

Surachman, A. E. (2023). Model-Model Standar Mutu Pendidikan. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka

Suryatama, E. (2014). Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena

Syafaruddin. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya

T. Rosadi, (2021). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Madrasah. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(1), 90-113. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.287.

U. Albab. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(1), 119–126. https://doi.org/10.52802/pancar.v5i1.104.

Wowor, J., Palit, W. M. W., & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis SWOT sebagai Strategi dalam Peningkatan Daya Saing Lembaga PAUD di TK Permata Kasih Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 23-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.3581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.