Penerapan Bermain Peran dalam Mengembangkan Moderasi Beragama Berbasis Toleransi pada Anak Usia Dini

Sindi Syahfitri, Muhammad Syukri Azwar Lubis, Armanila Armanila

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengimplikasikan bermain peran dalam mengembangkan Moderasi Beragama pada anak usia dini berbasis toleransi. Dalam mengembangkan toleransi pada anak usia dini diperlukan stimulasi agar sikap tersebut dapat terus berkembang dan anak dapat lebih mudah dalam menjalani kehidupan sosial. Bermain merupakan cara untuk belajar dan mengenal dunia sekitar. Bermain peran mampu menumbuhkan sikap toleransi pada anak dengan mengikut sertakaan anak dalam cerita yang mengandung nilai-nilai toleransi didalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Semua data yang didapat berasal dari observasi dan wawancara sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kurangnya sikap toleransi pada anak usia dini salah satunya dapat di tangani melalui adanya kegiatan bermain peran. Melalui kegiatan bermain peran anak akan mudah faham karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang menarik minat anak untuk ikut didalamnya.

Kata kunci: Bermain Peran; Moderasi Beragama;Toleransi


Full Text:

PDF

References


Alkrienciehie, A. S. dan I. (2021). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Pustaka Setia.

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak jilid 2, terj. Med. Meitasari Tjandrasa. Erlangga.

Kemenag. (2022). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Implementasi Kurikulum Merdeka, 1–60. https://www.mgmpmadrasah.com/2022/04/download-kma-keputusan-menteri-agama.html

Khadijah, A. dan. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Marpaung, S. F., Azizi, R. A., Lestari, E., Monalisa, F. N., Hasibuan, Leni Hermita Padang, R., & Fadla, S. L. (2023). Implementasi Pendidikan Etika Dan Prilaku Moral Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD PAB 18 Sampali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1349–1358.

Muhyiddin, A. S. (2022). Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama melalui Majelis Taklim di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(1), 8. https://doi.org/10.21043/cdjpmi.v6i1.15123

Nisak, F. F. (2022). Upaya Peningkatan Sikap Moderasi Beragama Untuk Anak Usia Dini Melalui Multimedia Interaktif “Kids Moderations” Dalam Pembelajaran Di Ra Masyithoh Manggisan. BERNAS KIDS: Islamic Childhood Education …, 1(1), 17–36. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar

Nuraeni. (2016). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedogy, 3, 65–73.

Santoso, J., & Wisman, Y. (2020). Agama Dan Pembentukan Cara Pandang Serta Perilaku Hidup Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 244–254. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.91

Shafira, D., Armanila, A., & Siregar, I. K. (2022). Hubungan Interior Ruang Belajar dan Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10261

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Yuliana, Y., Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2974–2984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.