Penerapan Media Tebak Gambar dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik di RA Nurussalam Deli Tua

Armanila Armanila, Zuriatul Husna, Susanti Nirmalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan media tebak gambar dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik  di RA Nurussalam Deli Tua dan bagaimana implikasi media tebak gambar dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik  di RA Nurussalam Deli Tua. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan kualiatatif deskriptif, teknik pengumpulan dalam yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan media tebak gambar dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik  di RA Nurussalam Deli Tua dimulai dengan menetapkan capaian perkembangan anak beradsarkan kurikulum K-13 yang disesuaikan dengan karakteristik kecerdasan verbal lingguistik anak, lalu membuat RPPM, RPPH dimana tema yang digunakan yaitu binatang dengan sub tema kupu-kupu, penerapan media tebak gambar dalam mengembangkan kecerdasan verbal lingguistik anak dilakukan pada kegaitan inti. Tetapi stimulasi penguatan keceradasan verbal lingguistik dilakukan pada kegiatan pembuka, inti, makan bersama, bermain bebas dan evaluasi atau penutup. Implikasi Media Tebak Gambar dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik  di RA Nurussalam Deli Tua ternyata memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kecerdasan verbal lingguistik anak karean rata-rata kecerdasan verbal lingguistik anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan memberikan kemudahan bagi guru serta orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu guru membutuhkan waktu perencanaan yang lebih lama untuk perancangan dan pembuatan media secara mandiri dan terfokus pada tema dan sub tema. Selain itu, sekolah harus memiliki media buatan atau manipulatif yang lengkap.


Full Text:

PDF

References


Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480

Armanila, A., & Lubis, M. (2023). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Air Di Tk Alfath Medan. Ansiru Pai : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 171. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16123

Armanila, A., Turtati, A., Siregar, A. S., & Skd, S. M. (2022). Hubungan Interior Belajar dan Bermain terhadap Perkembangan Bahasa AUD. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 77–93. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1116

Armanila dan Khadijah. (2017). Permasalahan Anak Usia Dini (1st ed.). Perdana Publishing.

Harahap, H. S., & Armanila. (2023). Implementation of Special Management in RA Kamboja. Indonesian Journal of Islamic Early Education, 7(2), 149–155.

Indonesia, U. R. (2016). Tentang sisidiknas dan Peraturan-Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar.

Khadijah, A. dan. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Mesiono, P. D. H. N. D. dan D. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (p. 18).

Rohmalina, Lestari Hunafa Ririn, W. G. (2013). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Penyuluhan Program Parenting. 1–9.

Smith, H., Ismail, R., & Machmud, N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(4), 184–190. https://doi.org/10.5281/zenodo.7678382.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.