Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Loose Parts melalui Pembelajaran STEAM di TK A Khairun Amala

Khadijah Khadijah, Nur Aisyah Saragih, Fauziah Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran STEAM menggunakan loose parts dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak.penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan penerapan langsung di TK Khairun Amala.Desa Jontor . kecamatan penanggalan.kota Subulussalam. Penelitian ini dilakukan pada kelas A TK Khairun Amala dengan jumlah anak yaitu 15 anak. Berdasarkan penelitian pada kelas A TK Khairun Amala, menunjukkan bahwa kegiatan loose parts dengan metode pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada masa prasiklus nilai rata-rata dari perolehan anak yaitu 2,53 ,dan dilanjutkan pada siklus 1 anak mengalami peningkatan dengan skor rata-rata yaitu 2,86 , dan pada siklus 2 , anak mengalami peningkatan yang sangat baik hingga mencapai skor rata-rata 3,53 .Dari hal tersebut, dapat dilihat bahwa STEAM dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak keyword.kemampuan berhitung.STEAM Loose parts.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2018). berpikir kritis matematika. jurnal matematika, .

Andi, R. (2018). meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooeratif ipa . jakarta : kreatif tadulako.

Arikunto. (2008). prosedur penelitian tindakan praktik. bandung: renika cipta.

Bachri, H. H. (2018). memaksimalkan peran pendidik dalam membangun karakter anak usia dini sebagai wujud investadi bangsa. tuban: FKIP Tuban.

Depdiknas. (2007). pedoman pembelajaran permainan berhitung permulaan di TK . jakarta : depdiknas .

Depdiknas. (2007). permainan berhitung permulaan di TK. jakarta: kencana prenadamedia grup.

Elvira. (2021). metodepembelajaran sains pada sekolah taman kanak-kanak (stdi pada: TK Khalifah dikota palu). jurnal ilmu kependidikan dan keislaman , 11.

Erlina, B. (2019). peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan keranjang tempurung dan biji salak di TK PK3A teah baruah kecamatan payakumbuh. jurnal paud, 5.

Haryati, D. (2020). Keaksaraan awal anak usia dini. pekalongan: Nasya Expanding Manajemen

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini . medan : Perdana Publishing.

Khairiyah, N. (2019). pendekatan science, technology, engineering dan mathematics (steam). medan : Spasi Media .

Malapata, E. (2019). meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melalui media lumbung hitung. jurnal pendidikan anak usia dini, 284.

Mardianto. (2019). Psikologi Pendidikan . Medan : Perdana Publishing.

Marinda, l. (2020). teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anakusia sekolah dasar . jurnal kajian perempuan dan keislaman , 122.

Maryam, S. (2019). meningkatkan kemampuan berhitung anak melaui permainan kartu angka pada kelompok B TK NW lelupi kecamatan sikur. jurnal pendidikan dan ilmu sosial, 90.

Mentari. (2018). pengembangan soft skills peserta didik melalui integrasi pendekatan Steam dalam pembelajaran asam basa . artikel universitas negeri jakarta , 270.

Mubarokah. (2021). upaya meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media loose parts pada anak kelompok B TK . jurnal education , 537.

Munawar, M. (2019). implementasi of Steam (science, technology, engineering, arts and mathematics). jurnal ceria , 17.

Mutiah, D. (2010). psikologi bermain anak usia dini. jakarta: kencana prenadamedia grup.

Nasrah. (2021). efektivitas model pembelajaran Steam (science, technology, arts, engineering, mathematics) pada siswa kelas IV SD. jurnal kajian pendidkan dasar , 2.

Nurhikmayati. (2019). implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. jurnal didacticak mathematics, 42.

Nurjaman, I. (2019). bisa & bi(a) sa Membaca dengan Metode CAEM, cepat, aktif, efektif , menyenangkan. yogyakarta: DEEPUBLISH.

Prameswari, T. W. (2020). Steam based learning strategis by playing loose parts for the achievement of 4C Skills in Children 4-5 years. prodi Pg-Paud Fkip Un Pgri kediri, 25.

Priyastuti, D. (2019). kemampuan berhitung . jurnal pendidikan empirisme , 9.

Puspita, W. A. (2019). penggunaan loose parts dalam pembelajaran dengan muatan steam. . jurnal pendidikan non formal , 19.

Putri, S. U. (2019). pembelajaran sains untuk anak usia dini . bandung: upi sumedang press.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Prenada media.

Sari, G. I. (2021). peran guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TKS IT MINA ACEH BESAR . jurnal ilmiah mahasiswa , 7.

Siantajani, y. (2020). loose parts material lepasan otentik stimulasi paud. semarang: pt. sarang seratus aksara.

Subkhan, E. (2018). berfikir kritis . yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Sugiyono. (2020). metode penelitian kombinasi . bandung : ALFABET .

Susanto, A. (2014). perkembangan anak usia dini : pengantar dalam berbagai aspeknya. jakarta: kencana prenadamedia grup.

Suyantro. (2005). konsep dasar anak usia dini. jakarta : 284.

Syafi'i, I. (2021). pemanfaatan loose parts dalam pembelajaran steam pada anak usia dini. jurnal pendidikan dan perkembangan anak, 107.

Syifauzakia. (2021). dasar-dasar pendidikan anak usia dini. malang : literasi nusantara.

Trianto. (2011). panduan lengkap penelitian tindakan kelas teori dan praktek. jakarta: prestasi pustaka.

Twiningsih, A. (2020). peningkatan keterampilan berhitung siswa melalui media kotak ajaib berbasis steam pada materi konsep penjumlahan. jurnal pendidikan dasar, 10.

Yusri, N. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Loose Parts. Jurnal Adzkyia, 7




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.