Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Daring Pada Anak di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta Kelompok B

Nuraisyah Nuraisyah, Sitti Nur Hidayah Ilyas, Usman Usman, Muhammad Akil Musi

Abstract


Meluasnya virus covid-19 atau virus jenis varian baru ini sejak tahun 2019 telah mengubah lanskap pendidikan dengan diperkenalkannya sistem pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan seluruh jenjang pendidikan, termasuk tingkat taman kanak-kanak, beralih ke sistem pembelajaran online. Pada konteks tersebut, orang tua menjalankan peran yang sangat penting dalam memberikan dukungan selama belajaran online pada anak. Penelitian ini memiliki tujuan mengeksplorasi bagaimana orang tua berkontribusi dalam memberi motivasi pembelajaran daring di TK Islam Terpadu Al Azhar Lokananta. Metode penelitian berubentuk penelitian lapangan kualitatif, fokus pada peserta didik di kelompok B TK tersebut. Proses analisis data terdiri atas tahap reduksi data, analisis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan kesimpulan terdapat peran orang tua yang penting dalam memotivasi anak belajar saat daring. melalui beberapa peran sebagai inspirator, motivator, fasilitator, dan pembimbing.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. (2017). Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Dunia Pustaka Jaya.

Anurraga, H. (2018). Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik usia 6-12 tahun (studi kasus pada program home visit di homeschooling sekolah dolan malang). J+ Plus Unesa, 7(3), 1–8.

Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. In Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana Prenada Group.

Edyanto, E., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan, R. (2021). Implementasi Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).

Mahnun, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Jurnal IJEM, 1(1), 1–30.

Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294-1303.

Mulyadi. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3).

Musi, Muhammad Akil., dkk. 2023. The Effect.of Fun Thinker’s Book Media on the Mathematical Logic Intelligence of 5 - 6-Year-Old Children,TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 9, No. 2 , 131- 139.

Rohman, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 31–38.

Salahudin, A. (2021). Filsafat Pendidikan. Setia Pustaka.

Sardiman. (2020). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. In Raja Grafindo. Raja Grafindo.

Sitti Nurhidayah Ilyas; Rika Kurnia R. (2023). Peningkatan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Penguatan Transisi Paud Ke Sd Yang Menyenangkan Di Tk Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa Melalui Kegiatan Seminar Parenting. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 217–223.

Sukmadinata, N. S. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Rosda.

Usman. (2019). Hubungan Kecerdasan Logis-Matematis dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 14 Sinjai. Jurnal Sainsmat, 8(160–69).

Wijayanti, R. M. dan P. Y. F. (2021). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi COVID-19 di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.