Pengaruh Penggunaan Media Lossparts Terhadap Kemampuan Seni Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan

Adelia Fitri Nasution, Rizka Harfiani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media dalam pembelajaran yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental tipe one group pretest- posttes design. Dalam penelitian ini populasinya adalah 30 anak dengan sampel penelitian 15 anak. Hasil rata-rata pretest 2.27, setelah dilakukan pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa penggunaan media Lossparts untuk melihat berpengaruh tidaknya media Lossparts terhadap kemampuan seni anak, selama melaksanakan treatment terlihat pengaruh media Loosparts  terhadap kemampuan seni anak dengan rata-rata 3.60. Untuk melihat terdapat pengaruh tidaknya atau perbedaan dalam kemampuan seni anak pada penggunaan media Loosparts dapat dilihat dari nilai Sig yang diuji menggunakan SPSS, nilai Sig dibandingkan dengan taraf Signifikan 0.05, apabila nila nilai Sig > 0.05 maka tidak terdapat pengaruh sedangkan jika nilai Sig<0.05 maka terdapat pengaruh. Maka hasil dari pengujian Hipotesis dengan menggunakan SPSS denga nilai Sig ,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, Artinya trdapat pengaruh dalam penggunaan media Loosparts.

Kata Kunci: Media loosparts; kemampuan seni anak.

This research is motivated by the teacher's lack of creativity in using media in learning conducted at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. This study used a quantitative approach with an experimental method with a pre-experimental research design type of one group pretest-posttest design. In this study the population was 30 children with a sample of 15 children. The average result of the pretest was 2.27. After the pretest was carried out, treatment was given in the form of using Lossparts media to see whether Lossparts media had an effect on children's artistic abilities. To see whether there is an effect or difference in children's artistic ability in using Loosparts media, it can be seen from the Sig value tested using SPSS, the Sig value is compared to the Significant level of 0.05, if the Sig value is > 0.05 then there is no effect whereas if the Sig value is <0.05 then there is an influence. Then the results of testing the hypothesis using SPSS with a value of Sig .000 <0.05 then H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an influence on the use of Loosparts media.

Keywords: Media Losparts; Children's Art Ability.

 


Full Text:

PDF

References


Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118.

Damayanti, A., Rachmatunnisa, S., Jakarta, U. M., & Parts, L. (2020). Jurnal Buah Hati Volume 7 , Nomor 2 , September 2020 PENINGKATAN KREATIVITAS BERKARYA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS STEAM. 7(2), 74–90.

Nurhabibatun, S. agustina. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan seni anak melalui kegiatan membatik dengan krayon di kelompok b ra nurhabibatun medan.

Rondhi, M. (2014). Fungsi Seni bagi Kehidupan Manusia: Kajian Teoretik. Imajinasi: Jurnal Seni, VIII(2), 115–128.

Azizah, A., & Mayar, F. (2019). Peran Pendidik dan Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1440–1444. jptam.org › index.php › jptam › article › download%0A




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.