Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dan Klolase Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 medan

Fildzah Azrina, Akrim Akrim

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi guru yang dapat meningkatkan motorik halusnpada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan kolase di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini yaitu guru dan juga kepala sekolah yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil kesimpulann yang didapat bahwa, strategi yang dilakukan  guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan dalam meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan kolase yaitu dengan cara menjelaskan terlebih dahulu kegiatan apa yang akan dikerjakan dan bagaimana cara pengerjaanya. Dan guru memberikan arahan secara perlahan serta memberikan contoh kegiatan menggambar dan kolase untuk memudahkan anak dalam mengerjakan kegiatan yang telah diberikan.

Kata Kunci: Strategi guru; kemampuan motorik halus; kegiatan menggambar dan kolase.

This research is motivated by teacher strategies that can improve fine motor skills in children. This study aims to find out how the teacher's strategy is in improving children's fine motor skills through drawing and collage activities at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. This type of research is descriptive qualitative. The objects of this research are the teachers and also the principals in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. Data collection techniques used in this research are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the conclusions obtained, the strategy carried out by the teacher at Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan Kindergarten in improving children's fine motor skills through drawing and collage activities is by explaining in advance what activities will be carried out and how to do them. And the teacher gives directions slowly and gives examples of drawing and collage activities to make it easier for children to do the activities that have been given.

Keywords: Teacher strategy; fine motor skills; drawing and collage activities.


Full Text:

PDF

References


Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. Nyoman Suarta. 2017. “Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Hasna, Dea, and Kamtini Kamtini. 2021. “Analisis Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase.” Jurnal Pelita PAUD 5(2):171–77. doi: 10.33222/pelitapaud.v5i2.1259.

Khoirun Nisa. 2021. “Implementasi Penggunaan Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” 12(1):145–46.

Munawaroh, Siti, Andriyani Mustika Nurwijayanti, and Novi Indrayati. 2019. “Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar.” Community of Publishing in Nursing (COPING) 7(1):hlm. 54.

Ningsih, Dwi Yuniati, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon Di PAUD Saya Anak Indonesia.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(2):646–51. doi: 10.54371/jiip.v5i2.477.

Rahimah, Rahimah. 2021. “The Analysis of Fine Motor Skills and Early Childhood Creativity through Weaving Activities.” Randwick International of Social Science Journal 2(4):583–89. doi: 10.47175/rissj.v2i4.340.

RI, Pemerintah 2003. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” 4(1):147–73.

Sumardiah, Fatimah, and Roqoyyah Fitri. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia 3Â4 Tahun Di Ppt Siaga Surabaya.” PAUD Teratai 06(01).

Wandi, Zherly Nadia, and Farida Mayar. 2019. “Analisis Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):363. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.347.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.