Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Ummi AIda Kecamatan Medan Tembung

Syifaushudur Harefa, Selamat Pohan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya orangtua murid yang bekerja sehingga mempengaruhi kemandirian anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh status pekerjaan ibu terhadap kemandirian anak usia dini di Tk Ummi Aida Kecamatan Medan Tembung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini sama yakni seluruh murid kelompok B di Tk Ummi Aida yang berjumlah 27 orang murid. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan skala likert atau dengan daftar cheklist. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh status pekerjaan ibu terhadap kemandirian anak usia dini di Tk Ummi Aida Kecamatan Medan Tembung dengan memperoleh nilai korelasi hubungan 0,423.

Kata Kunci: Kemandirian; anak; ibu.

This research was motivated by the large number of parents who work, thus affecting early childhood independence. The purpose of this study was to determine whether there is an influence of maternal employment status on early childhood independence in Tk Ummi Aida, Medan Tembung District. The type of research used in this study is quantitative research. The population and sample in this study were the same, namely all group B students in Ummi Aida Kindergarten which amounted to 27 students. The research instrument used in this study is using the Likert scale or with a cheklist list. Data analysis used in this study includes validity tests, reliability tests, linearity tests and hypothesis tests. The result of this study is that there is an influence of maternal employment status on early childhood independence in Tk Ummi Aida, Medan Tembung District, by obtaining a correlation value of 0.423.

Keywords: Independence; child; mother.


Full Text:

PDF

References


Geofanny, Ravika. 2016. “Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 4(4):464–70. doi: 10.30872/psikoborneo.v4i4.4230.

Maulida, Lyzahratan. 2019. PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) ASH_SHOBIRIN LINGKUNGAN III MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Vol. 8.

Pangastuti, Ratna, Fifi Pratiwi, Alma’atus Fahyuni, and Kammariyati Kammariyati. 2020. “Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar Dari Rumah.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 2(2):132–46. doi: 10.15642/jeced.v2i2.727.

Setyowati, Elisa Indah, Tomas Iryanto, and Nur Anis. 2018. Perbedaan Sikap Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Ditinjau Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja Di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.