PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KOKAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HAJJAH SITI SYARIFAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

Lilis LilisDarmila

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui perkembangan kosakata anak usia dini pada kelas yang tidak menggunakan metode bercerita, 2) Untuk mengetahui perkembangan kosakata anak usia dini pada kelas yang menggunakan metode bercerita, 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikanmetode bercerita terhadap perkembangan kosa kata anak usia 5-6 tahun di RA Hajjah Siti Syarifah Kec. Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ialahseluruhanakkelas B sedangkansampeldalampenelitianiniberjumlah 30 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalahuiji-F dan uji-t. Berdasarkan hasil pembahasan dari pengujian hipotesis perkembangan kosakata anak diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,442>1,701  maka H0 ditolak dan Ha ­diterima. Yang artinya metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangankosakata di RA Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung T.A 2017/2018.

Kata kunci:     Metode Bercerita, Perkembangan Kosakata

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.