Implementasi Kegiatan Berbasis Literasi Kesehatan Pada Pembelajaran Tatap Muka di Taman Kanak-Kanak

Ahmad Fachrurrazi, Ervin Nurul Affrida

Abstract


Sistem pembelajaran tatap muka mulai kembali diterapkan pasca pandemi Covid-19 sehingga diperlukan literasi kesehatan pada anak usia dini/usia prasekolah yang sedang berada di jenjang Taman Kanak-Kanak. Literasi kesehatan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran untuk pembiasaan tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian yang telah dilakukan berikut menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui gambaran penerapan kegiatan literasi kesehatan pada pembelajaran tatap muka. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan dan wawancara. Selanjutnya data yang ada dianalisis dengan triangulasi data. Selanjutnya hasil dari penelitian menunjukkan dari tiga sekolah yang diteliti telah melaksanakan kegiatan literasi kesehatan dalam berbagai bentuk. Literasi kesehatan pada anak dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, poster edukasi yang dipasang di area sekitar sekolah, serta kegiatan pembiasaan seperti membawa bekal dari rumah, mencuci tangan sesuai anjuran pada saat sebelum dan setelah makan juga Ketika kegiatan belajar selesai. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu sekolah yang secara khusus menciptakan kegiatan mingguan dengan memanfaatkan berbagai permainan edukatif hasil karya guru dan anak untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis literasi kesehatan di sekolah.

Kata kunci: Anak usia dini, literasi kesehatan, pembelajaran taman kanak-kanak.

Face-to-face learning system to be implemented after Covid-19 pandemic, that health literacy is needed for Kindergarten. Health literacy is implemented learning activities to help clean and healthy living behaviors. This methode of study use qualitative descriptive to find an overview of implementation health literacy at face-to-face learning in kindergarten. The instruments used observation and interviews. Furthermore, analysis technique in this research use data triangulation. The results showed that from three schools studied had carried out health literacy activities in various forms. Health literacy in children is implemented form of learning activities, educational posters that can be posted in around school, as well habituation activities such as bringing supplies from home, washing hands before and after eating, washing hands after carrying out learning activities, and so on. From the one school, various educational game as created by the teacher to carry out health literacy in Kindergarten.

Keywords: Early childhood, health literacy, learning of kindergarten


Full Text:

PDF

References


Apriliani, SRA., Utami, FB. (2021). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Kemampuan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini pada Pandemi Covid-19 di Lingkungan RT.04 RW. 26 Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5 No.2

Affrida, EN. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi Vol 1 No.2 https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Cholid, ABD., Affrida, EN. 2021. Permainan Kotak Mini Zoo sebagai Media Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Incrementapedia Vol.3 No.2 pg 55-61.

Inten, Nur Dinar. , Permatasari, Neneng. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2), 366-376.

Hayat, B., & Suhendra, Y. (2010). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasiana, I., Aisyah, A., Affrida, EN. Pelatihan Media Interaktif untuk Pembelajaran Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Kanigara. Vol.2 No.1 https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i1.5066

Laode Anhusadar. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Lukenbill, W. Bernard and Immroth, Barbara Froling. (2010(. Health Information In A Changing World: Practical Approaches For Teachers, Schools & School Librarians, Santa Barbara, Calif.: Libraries Limited

Lisarani, V dkk. (2021). Dilema Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Bandung: Media Sains Indonesia.

Rahman, A.A dkk. (2023). Media dan Teknologi Pembelajaran. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Rita. (2011). Pendidikan Gizi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Educhild. 4 (2), 110.

Rivanica & Oxyandi. (2016). Buku Ajar Deteksi Dini Tumbuh Kembang dan Pemeriksaan Bay I Baru Lahir. Jakarta: Salemba.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak (Vol.1). Jakarta: Erlangga.

Sayoga. (2015). Pendidikan Kesehatan untuk Sekolah Dasar. Bandung: Rosdakarya.

Syafriani. (2016). Efektifitas Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Ibu Balita tentang menu Seimbang Balita di Posyandu Melati Desa Muara Langsat Kuantan Singingi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2)

Uyu, & Mubiar. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Utari, S., Aisyah, A., Affrida, EN. (2022). Pengaruh Media Kintar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Remaja Surabaya. Jurnal Incrementapedia. Vol.4 No. 2 https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6635

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.