Mengenal Model Assure: Solusi Inovatif mengatasi Tingkat Ketidakantusiasan Generasi Alpha Dalam Pembelajaran

Viola Eva Reditiya, Yuntafaul 'Amala

Abstract


Di era perkembangan teknologi yang pesat, banyak aspek kehidupan manusia yang terpengaruh, termasuk dunia pendidikan. Guru ditantang untuk mengikuti perkembangan teknologi agar siswa dapat merangkul dan mengikuti pembelajaran di kelas, serta menyadari potensi dirinya. Dalam rangka mengembangkan pembelajaran yang efektif dan efisien, mengatasi kebosanan belajar dan membangkitkan minat siswa, khususnya pada generasi alfa digital savvy yang dianggap sebagai generasi paling cerdas dibandingkan generasi sebelumnya, guru dapat menggunakan kesempatan belajar yang berbeda. Model desain, termasuk model verifikasi. Model Assure ini berfokus pada ruang kelas dan sangat cocok untuk pengembangan bahan ajar, strategi, metode, model, dan lingkungan belajar berbasis teknologi. Dengan menggunakan model ini, tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana model Assure dapat mengatasi kecenderungan malas belajar generasi alpha.


Full Text:

PDF

References


Asrina M. Saman, Dian Hidayati. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, Vol. 7, No, 990.

Benny A Pribadi. (2011). Model ASSURE Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Dian Rakyat.

C. Asri Budinigsih. (n.d.). Belajar dan Pembelajaran. (: Rineka Cipta. (ed.)).

Ganjar Setyo Widodo, Kharisma Sita Rofiqoh. (n.d.). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti (Malang: Univesitas Islam Malang, Vol. 7,.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Mona Ratuliu. (2018). Digital Parenting (Penerbit N, p. 27).

Muhammad Shaleh Assingkili, Khamim Zarkasih Putro, dan Sangkot Sirait. (n.d.). Kearifan Menyikapi Anak Usia Dasar di Era Generasi Alpha,. Attadib Journal Of Elementary Educationi (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, Vol. 3, No.

Nadia Qurrota Ayunina, Zakiya. (2022). Islamic Parenting Sebagai Upaya Mendidik Karakter Islami Generasi Alpha,. Alhamra: Jurnal Studi Islam (Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, ), Vol. 3,.

Nanda Verunan Enun Kharisma. (n.d.). Kriteria Guru Sekolah Dasar Ideal Pada Era Generasi Alfa, 6. ((Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakata (ed.)).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus Di Sma Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.