PERBEDAAN HASIL BELAJAR STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUALDAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY MIS ISTIQOMAH AL-ULYA TAHUN AJARAN 2017-2018

INDAYANA FEBRIANI TANJUNG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar strategi pembelajaran kontektual dan stategi pembelajaran discovery dan strategi yang mana lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar di MIS ISTIQOMAH AL-ULYA. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes dengan soal sebanyak 20 pada materi ekosistem yang telah diuji validitas dan reliabelitasnyadengan menggunakan bantuan SPSS 20.0

Hasil penelitian terlihat bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan strategi pembelajaran Kontekstual dan strategi pembelajaran Discovery itu terlihat dari nilai t hitung sebesar 1,592< t tabel (28)(0,05) 2,048 sehingga dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaanhasil belajar akan tetapi jika dilihat dari rata-rata hasil belajar yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari strategi pembelajaran discovery.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Kontekstual, strategi pembelajaran Discovery


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.