Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun

Anisa Puspitasari, Fahmi Fahmi, Kristiana Maryani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Lingkungan Sekolah sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan karakterdisiplin anak. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Sumurpecung Serang-Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian Kuantitatif Ex Post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 anak yang berusia 5-6 Tahun yang bersekolah di TK Kelurahan Sumurpecung.  Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner.  Pada instrument yang telah di ujicobakan di dapati hasil 20 instrumen yang valid.  Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 5-6 Tahun. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.525. Hasil tersebut berada pada interval (>0,40-0,599) dengan tingkat hubungan yaitu korelasi sedang.

Kata kunci: Lingkungan Sekolah; Karakter Disiplin

This research is motivated by the School Environment as one of the factors that can affect the formation of children's disciplinary character. The purpose of this research is to determine the Influence of the School Environment on the Formation of Disciplinary Character of Children Aged 5-6 Years in Sumurpecung Serang-Banten Village. The method used in this study is Quantitative Ex Post Facto research. The sample in this study was 30 children aged 5-6 years who attended kindergarten in Sumurpecung Village.  Data collection is carried out by distributing questionnaires.  In the instruments that have been tested, the results of 20 valid instruments were found.  The results of this study can be seen that there is an influence of the school environment on the formation of disciplinary character of children aged 5-6 years. The value of the correlation coefficient is 0.525. These results are in the interval (>0.40-0.599) with a relationship level of moderate correlationt.

Keywords: School environment; dicipline character.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.