KEGIATAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAUD HIKMATUL FADILLAH KECAMATAN MEDAN DENAI
Abstract
Mengembangkan pendidikan agama islam pada anak usia dini adalah salah satu aspek dalam mengembangkan kecerdasan anak dan juga salah satu cara untuk membentuk kepribadian anak menjadi baik dan memiliki nilai akhlakul karimah. Oleh karena itu kegiatan pengembangan pendidikan agama islam pada anak usia dini di PAUD sangatlah penting. PAUD Hikmatul Fadillah menjadikan pendidikan agama islam sebagai kegiatan program pelaksanaan belajar mengajar pada anak usia dini. Adapun tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini untuk memahami dan membahas kegiatan penelitian yang telah dilakukan pada kegiatan pengembangan pendidikan agama islam pada anak usia dini di PAUD Hikmatul Fadillah. Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan guru dalam mengembangkan pendidikan
agama Islam pada anak usia dini di Hikmatul Fadillah Kecamatan Medan Denai (2) Metodenya (3) Materinya (4) Evaluasinya (5) Faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Hikmatul Fadillah. Subjek penelitiannya adalah kepala PAUD Hikmatul Fadillah, wakil PAUD Hikmatul Fadillah, pengawas PAUD Hikmatul Fadillah, guru dan anak-anak PAUD Hikmatul Fadillah. teknik instrument penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Hasil penelitiannya adalah mengembangkan kecakapan dalam menguasai hafalan juz ‘amma, meningkatkan daya ketangkasan dalam praktik ibadah. Metodenya adalah metode Bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, karyawisata,demonstrasi dan pemberian tugas. Materinya adalah tata cara bertayamum , berwudhu, shalat dan lafaz-lafaz adzan. Evaluasinya adalah evaluasi sumatif, formatif, tes dan diagnostic. Faktor penghambatnya adalah 79 % guru tidak berasal dari sarjana kependidikan PGRA atau PGMI, Ruangan kelas yang kurang memadai. faktor pendukungnya adalah kurikulum pembelajaran yang selaras dengan bakat dan minat anak, atensi pemimpin yayasan, daya dukung dari dinas pendidikan dan kementerian agama Kota Medan.
agama Islam pada anak usia dini di Hikmatul Fadillah Kecamatan Medan Denai (2) Metodenya (3) Materinya (4) Evaluasinya (5) Faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Hikmatul Fadillah. Subjek penelitiannya adalah kepala PAUD Hikmatul Fadillah, wakil PAUD Hikmatul Fadillah, pengawas PAUD Hikmatul Fadillah, guru dan anak-anak PAUD Hikmatul Fadillah. teknik instrument penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Hasil penelitiannya adalah mengembangkan kecakapan dalam menguasai hafalan juz ‘amma, meningkatkan daya ketangkasan dalam praktik ibadah. Metodenya adalah metode Bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, karyawisata,demonstrasi dan pemberian tugas. Materinya adalah tata cara bertayamum , berwudhu, shalat dan lafaz-lafaz adzan. Evaluasinya adalah evaluasi sumatif, formatif, tes dan diagnostic. Faktor penghambatnya adalah 79 % guru tidak berasal dari sarjana kependidikan PGRA atau PGMI, Ruangan kelas yang kurang memadai. faktor pendukungnya adalah kurikulum pembelajaran yang selaras dengan bakat dan minat anak, atensi pemimpin yayasan, daya dukung dari dinas pendidikan dan kementerian agama Kota Medan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.175
Refbacks
- There are currently no refbacks.