Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini

Rina Devianty, Yustika Sari

Abstract


Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui peran keluarga dalam menanamkan literasi sejak dini. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur. Langkah awal dalam menyusun kerangka penelitian dengan metode heuristik, yaitu mengumpulkan sumber dan data yang diperlukan yang memiliki keterkaitan dengan tema penelitian yang diangkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa sumber jurnal, skripsi dan buku yang terkait dengan penelitian. Kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa peran keluarga untuk menanamkan literasi sejak dini sangat penting dan dapat memberikan pengalaman baru untuk orang tua dan anak mengenai kegiatan literasi.

Kata kunci: peran keluarga, literasi, anak usia dini

 

Abstract

The purpose of writing this article is to find out the role of the family in instilling literacy from an early age. The research method used in this article is a literature study. The first step in developing a research framework using the heuristic method is to collect the necessary sources and data that are related to the research theme raised. Data collection techniques used are in the form of sources of journals, theses and books related to research. Then analyzed using data reduction, data display, and draw conclusions. The results of the study can be concluded that the role of the family to instill literacy from an early age is very important and can provide new experiences for parents and children regarding literacy activities.

Keywords: family role, literacy, early childhood


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bunanta, M. (2008). Buku Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: KPBA.

Cahyani, I. R. (2017). “Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Literasi Dini (Early Literacy) di Kabupaten Sidoarjo (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

Hapsari, Indri. Iriani. 2016. Psikologi perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Harvey J. Gaff (2006). “Literacy Microsoft Encarta”. DVD. Redmon, WA Microsoft Corporation 2005.

Itadz, M. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Moleong, Lexy J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosadakarya.

Nurhayati, Ria. 2019. “Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga”. Jurnal Nuansa Akademik, Volume 4, Yogyakarta: STAI Yogyakarta.

Suyono. 2006. “Pengembangan Perilaku Berliterasi Siswa Berbasis Kegiatan Ilmiah: Hasil-Hasil Penelitian dan Implementasinya di Sekolah”. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Utami, Setya. 2018. “Proses Simulasi Kemampuan Literasi pada Anak Prasekolah oleh Ibu di Rumah”. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Widodo, Mulyo Manggih. Lisnawati Ruhaena. 2018. “Literasi di Lingkungan Rumah pada Anak Pra Sekolah”. Jurnal Indigenous, Vol.3. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.