Implimentasi Pendekatan Metode Kisah Qur’an Nilai Religiusdan Moral Di Ra Ar-Raudhah Anak Usia Dini Kota Sibolga Sumatera Utara

Nurhikmah Pohan, Marhumah Marhumah

Abstract


Abstrak

Implimentasi Pendekatan Metode Kisah Qur‟an Untuk Penanaman Moral Regilius Metode Kisah Qur‟an  memberikan dampak terhadap Pemahaman Moral, Nilai  dan Religius. Penelitian ini mengkaji beberapa fokus pada Bagaimana Implementasi dan Karakteristik Pendekatan Metode Kisah Qur‟an Nilai Religius dan Moral di RA ArRaudhah Sibolga Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi perkembangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), dan Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclution drawing and verification). Teori yang digunakan oleh peneliti yaitu teori dari Vygotsky dalam Kisah Qur‟an pemahaman kognitif anak berkembang dengan apa yang telah di kisahkan terhadap sifat dan perilaku para Nabi karena berkaitan dengan pikiran sadar seorang anak. Semakin bertambahnya besarnya koordinasi dan pengendalian dunia kognitif anak berkembang pesat, semaki kreatif, bebas imajinatif. Hasil dari penelitian ini adalah Implimentasi yang telah dilakukan oleh guru RA ARRaudhah Sibolga Sumatera Utara terhadap nilai moral regilius telah membangkitkan pemahaman terhadap peserta didik, melalui metode kisah Qur‟an, anak dapat memahami sifat-sifat yang di anjurkan oleh allah SWT melalui sifat dan perilakukan yang di lakukan oleh para Nabi-Nabi, serta guru telah melakukan penerapan metode kisah qur‟an untuk mengajarkan nilai dan moral religius untuk anak usia dini sehingga menumbuhkan suatu sifat peserta didik yang sopan dan patuh kepada orang tuanya serta gurunya melakukan perbuatan baik dan meninggalkan yang dilarangya dan karakteristik metode kisah Qur‟am di RA AR-Raudhah Sibolga Sumatera Utara telah menumbuhkan rasa percaya diri, menghargai sesamanya serta anak paham serta mandiri dalam melakukan semua hal, membuat anak saling berbagi dan menolong sesamnya, metode yang sesuai membuat anak lebih disiplin dalam setiap permainan dan cerita yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan anak mampu mengendalikan tutur bahasanya terhadap teman-teman sebaya maupun guru 

Kata kunci: Metode kisah Qur’an, nilai dan moral religius, anak usia dini 

 

 Abstract 

The Implementation of the Qur'anic Story Method Approach for Religious Moral Cultivation The Qur'anic Story Method has an impact on Moral, Value and Religious Understanding. This study examines several focuses on how the implementation and characteristics of the Qur'an Story Method approach, religious and moral values, at RA ArRaudhah Sibolga, North Sumatra. This type of research is a qualitative research with a developmental psychology approach. Methods of data collection using observation, interviews, documentation. The data analysis technique used is data reduction, data display, and conclusion drawing and verification. The theory used by the researcher is the theory of Vygotsky in the story of the Qur'an, children's cognitive understanding develops with what has been told of the nature and behavior of the Prophets because it is related to the conscious mind of a child. The greater the amount of coordination and control in the cognitive world, children develop rapidly, become more creative, free to imaginatively. The result of this research is that the implementation of the teacher RA ARRaudhah Sibolga, North Sumatra, on religious moral values has awakened understanding of students, through the Qur'anic story method, children can understand the traits recommended by Allah SWT through their character and behavior. what the Prophets, as well as teachers have done, have implemented the quran story method to teach religious values and morals for early childhood so as to foster a character of students who are polite and obedient to their parents and the teacher does good deeds and leaves the bad. the prohibition and characteristics of the Qur'am story method in RA AR-Raudhah Sibolga, North Sumatra, have fostered self-confidence, respect for each other and children understand and are independent in doing all things, make children share and help each other, appropriate methods make children more disciplined in each game and story according to the set rules Applies and children are able to control their speech towards peers and teachers

Keywords: Qur'an story method, religious values and morals, early childhood

 

 


Full Text:

PDF

References


Affani Syukron, “Rekonstruksi Kisah Nabi Musa Dalam Al-Quran: Studi Perbandingan Dengan Perjanjian Lama,” Jurnal Al-Ihkam 12, no. 1 (2017): hlm. 195., https://doi.org/10.19105/al- ihkam.v12i1

Ahmad Susanto.. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: prenandamedia group, 2011

al-Hamid Al-Kurdi Rajih Abd, Nazhariyat Al-Ma’rifah Bain Al-Qur’an Wa AlFalsafah (Riyad: Maktabah al-Muayadah, 1992),

Al-Qathathan Syaikh Manna, Pengantar Study Ilmu Al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Al- Kautsar,2006),

Antonius Atosokhi Gea, Antonina Panca Yuni Wulandari, and Yohanes Babari, Relasi Dengan Sesama Character Building II, 3rd ed. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2005).

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002),

Aziz Suismanto dan Hafidh, Qashashul Qur’an Bekal Utama Juru Kisah (Yogyakarta: Akademi Berkisah, 2018

Bagir Haidar, Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia: Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita (Bandung: Mizan, 2019)

Dalimunthe Sehat Sultoni, “Metode Kisah Dalam Perspektif Al-Qur‟an,” Jurnal Tarbiyah 23, no. 2 (2016):

Dister Nico Syukur, Psikologi Agama (yogyakarta: KANISIUS, 1989).,

Eva Eriani, “Story Telling Using Madihin : Learning Methods for Early Childhood Listening Skills,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2019): https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.172.

H. Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2016).,

Harun Rasyid Dkk, Assasemen Perkembangan Anak Usia Dini (yogyakarta: Gama Media, 2012).,

HidayaOtib Satibi t, Metode Pengembangan Moral Dan Nilai- Nilai Agama, pertama (Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014

Jauhari Heri, Cara Memahami Nilai Religius Dalam Karya Sastra Dengan Pendekatan Reader’s Response (Bandung: CV ARfino Raya, 2010).

Khadijah, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Medan: Perdana Publishing, 2017

Khoironi Mulianah,. Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi Vol. 01 No. 1, Juni 2017.

Kolberg Lawrence.. Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: KANISIUS; 1995

Laura A. King.. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif The Science Of Psychology-An Apprective View. Edisi 3 buku 1. Jakarta: salemba humanika, 2016

Masdalipah Dkk, “Implementasi Model Tematik Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al-Jihad,” Ta’dibuna 6, no. 1 (2017):

Masganti Sit, “Mengembangkan Sikap Cinta Allah Dan Rasul Melalui Metode Kisah

Ramdani Febriant Musyaqori, Achmad Hufad, and Udin Supriadi, “Program Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini,” Sosietas 7, no.2(2018): https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10355

Ridla Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.